Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BCA dan JCB Targetkan 50.000 Kartu Kredit Baru

Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau yang lebih dikenal dengan BCA menggandeng salah satu prinsipal kartu kredit ternama PT JCB International Indonesia untuk memperkuat bisnis penerbitan kartu kredit. Dalam kerja sama ini, keduanya menargetkan bisa menerbitkan kartu kredit sebanyak 50.000 kartu baru.

"Dengan keunggulan tersebut, kami menargetkan jumlah kartu kredit BCA-JCB sebanyak 50.000 kartu bisa dirilis di tahun pertama," ujar Direktur BCA Santoso di Jakarta, Selasa (27/9/2016).

Ia mengungkapkan kerja sama ini dilakukan agar nasabah BCA yang sedang berpergian ke luar negeri khususnya ke Jepang dapat dengan mudah melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.

"Kami melihat kebutuhan customer khususnya globalisasi makin banyaknya nasabah BCA pergi ke luar negeri. Dalam 2-3 tahun terakhir banyak orang Indonesia pergi ke Jepang," jelasnya.

Sekedar informasi, kerja sama antara BCA dan JCB merupakan kerja sama strategis yang akan semakin memperkuat bisnis dari kedua belah pihak dengan menyasar segmen affluent di Indonesia.

"Kartu BCA JCB akan memberikan penawaran menarik dengan keunggulan kualitas pelayanan dari JCB yang telah dinikmati pemegang kartu JCB selama lebih dari 50 tahun," ungkap Direktur BCA Henry Koenaifi.

Dalam kesempatan yang sama Presiden Direktur JCB International Indonesia Yuichiro mengungkapkan rasa gembiranya dengan terjadinya kerja sama penerbitan kartu dengan BCA yang merupakan bank swasta terbesar di Indonesia.

"Setelah sebelumnya kita telah berkolaborasi selama lebih dari 30 tahun sejak 1983 dalam hal merchant aquiring. Kombinasi dari dua merek ternama dari Indonesia dan Jepang tentunya akan dapat menjawab pelbagai macam kebutuhan dari pasar affluent, seperti adanya keistimewaan dalam layanan travel dan fine dining. Keunikan JCB dalam menyajikan layanan berkualitas yang telah terpupuk di pasar Jepang akan memberikan nilai tambah bagi BCA dalam kemitraan ini," ucapnya.

Adapun, lingkup kerja sama BCA dan JCB International Indonesia akan mencakup kerja sama penerbitan kartu kredit BCA-JCB dan pelaksanaan program promosi untuk kartu in. Nantinya, pemegang kartu BCA-JCB akan mendapatkan penawaran menarik berupa rate kurs/nilai tukar yang kompetitif, program promo menarik di jaringan merchant JCB yang tersebar di seluruh dunia, program promo di Indonesia yang akan disesuaikan dengan behavior dari segmen affluent, dan berbagai penawaran menarik lainnya.

"Banyaknya merchant yang menerima kartu JCB di dunia juga memberikan kenyamanan dan kemudahan nantinya bagi para pemegang kartu kredit BCA JCB yang bertransaksi di luar negeri. Dengan keunggulan tersebut, kami menargetkan jumlah kartu BCA-JCB sebanyak 50 ribu kartu baru di tahun pertama ini," tambah Santoso.

Kerja sama dengan JCB bukanlah yang pertama bagi BCA. Sebelumnya, BCA telah bekerja sama dengan JCB dalam penerimaan kartu JCB di jaringan EDC BCA. Selain dengan JCB, BCA juga telah melakukan kerja sama issuing credit card dengan Visa dan MasterCard.

Melalui penawaran beragam kartu kredit dan program-program menarik tersebut, BCA mengukuhkan posisinya sebagai salah satu penyedia layanan kartu kredit yang terdepan di Indonesia. Sampai dengan semester pertama 2016, BCA mengelola 2,85 juta kartu kredit dengan nilai transaksi kartu kredit sebesar Rp26 triliun, meningkat enam persenĀ  dari tahun sebelumnya, dan membukukan pangsa pasar 18,6 persen.

Di mana, nilai outstanding kartu kredit tercatat sebesar Rp9,9 triliun pada semester pertama 2016 meningkat enam persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan nilai transaksi dan outstanding kartu kredit tersebut diimbangi oleh kualitas kredit yang tetap terjaga dengan rasio NPL sebesar 1,9 persen.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: