Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gunawan Benjamin: Kondisi Bank Sumut Terpuruk

Warta Ekonomi, Medan -

Kondisi perbankan di Indonesia menunjukkan kinerja yang menurun dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, Bank Sumut ikut terpuruk seiring perlambatan ekonomi saat ini yang memberikan dampak serius terhadap kinerja perbankan di Sumatera Utara (Sumut).

"Bahkan untuk penyerapan DPK dan kredit justru kita pesimis di tahun ini. Meskipun di tahun mendatang ada sedikit perbaikan," kata ekonom Sumut sekaligus dosen di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (Uinsu) Gunawan Benjamin di Medan, Selasa (27/9/2016).

Ia mengatakan hal tersebut yang mengakibatkan kinerja sektor perbankan termasuk Bank Sumut mengalami penurunan. Belum lagi, imbuhnya, memperhitungkan seretnya DPK dari rekening pemerintah daerah seiring kebijakan pemotongan anggaran dan skema baru transfer dana dari pusat.

"Saya tidak melihat ada yang perlu dikhawatirkan karena memang siklus bisnisnya saat ini masih kurang bersahabat. Yang penting, Bank Sumut bisa fokus untuk menyelesaikan masalah kredit macet terlebih dahulu," ujarnya.

Ia mengatakan ekspansi memang penting, namun risiko nonperforming loan (NPL) jika tidak diselesaikan akan menambah beban Bank Sumut nantinya.

"Kedepankan prinsip kehati-hatian terlebih dahulu. Selagi Bank Sumut sebagian masyarakat masih mempercayakan, jika tidak, kita bisa kehilangan bank daerah," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: