Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BRI Dukung Layanan Jasa Perbankan Bagi PT Pos Indonesia

Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) bersama dengan PT. Pos Indonesia (Persero) menandatangani nota kesepahaman kerja sama dalam pengembangan dan pemenuhan kebutuhan secara menguntungkan baik dari sisi Pos Indonesia maupun BRI yang didukung dengan jasa perbankan Bank BRI. Kesepakatan kerja sama antara Bank BRI dengan Pos Indonesia ini menunjukkan komitmen Bank BRI untuk bersinergi antar BUMN.

"Kita ingin mengaplikasikan secara nyata sinergi BUMN, sebagaimana arahan dari Bapak Presiden RI dan Ibu Menteri BUMN RI," ujar Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso di Jakarta, kemarin (27/9/2016). 

Dukungan yang akan diberikan oleh Bank BRI kepada Pos Indonesia berupa layanan jasa perbankan baik dari sisi cash management maupun jasa-jasa perbankan lainnya untuk memudahkan kegiatan operasional dan keuangan Pos Indonesia.

Disamping itu, dengan dukungan jaringan 10.628 unit kerja konvensional, 23.126 jaringan ATM BRI, 210.688 EDC BRI, 892 CDM BRI dan 57 E-BUZZ Bank BRI siap melayani kebutuhan Pos Indonesia ke seluruh pelosok negeri.

Selain penandatanganan nota kesepahaman antara Bank BRI dengan Pos Indonesia, dalam Perayaan Upacara Hari Bhakti Postel Ke 71 Tahun 2016 ini juga diadakan acara seremonial peluncuran Prangko Tema Telekomunikasi Seri Satelit Indonesia yang diresmikan oleh Menkominfo Rudiantara.

Adapun Prangko Seri Satelit yang diluncurkan sebanyak 6 desain tersebut salah satunya bergambar Satelit BRIsat milik Bank BRI. Seperti yang kita ketahui bersama, Bank BRI telah meluncurkan satelit milik BRI atau BRIsat pada pertengahan bulan Juni 2016. "BRIsat merupakan satelit pertama dan satu-satunya yang dimiliki dan dioperasikan sendiri oleh bank di dunia," kata dia. 

Peluncuran BRIsat merupakan bukti inovasi tiada henti dari Bank BRI dalam menghadapi transformasi era perbankan digital. Menurut Hari, semangat peluncuran prangko bertema satelit ini memiliki kesamaan dengan peluncuran BRIsat, yaitu tingginya komitmen dan harapan untuk mampu menjangkau dan menghubungkan setiap jengkal pelosok Nusantara.

Selain itu lanjut dia, diharapkan dengan adanya prangko seri satelit ini, mampu membuat BRIsat lebih membumi sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dia memaparkan, BRIsat yang diluncurkan pada pertengahan Juni 2016 lalu telah dikendalikan sepenuhnya oleh command center Bank BRI yang terletak di Ragunan, Jakarta Selatan sejak awal Agustus 2016.

Adapun peluncuran BRIsat sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh Bank BRI, salah satunya dengan pemanfaatan jaringan komunikasi yang digunakan oleh BRI Digital. BRI Digital yang terletak di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta merupakan outlet digital Bank BRI dengan teknologi terkini yang melayani kebutuhan transaksi dan informasi produk perbankan serta update seputar keuangan, investasi, transaksi e-dagang dan kebutuhan lainnya.

Manfaat lain BRIsat juga dapat dilihat pada keberadaan Teras BRI Digital, yang hingga saat ini telah mencapai lebih dari 40 outlet di seluruh Indonesia. Hari mengatakan, teras ini merupakan transformasi dari Teras BRI konvensional. Teras BRI Digital mengedepankan pelayanan digital kepada nasabah serta memperkuat komunitas pasar tradisional maupun marketplace.

"Jika selama ini Teras BRI konvensional masih menggunakan tenaga frontliner berupa Teller dan Customer Service, maka di Teras BRI Digital ini para pedagang dan nasabah diajak untuk kapabel menggunakan teknologi, yakni dengan memanfaatkan perangkat e-channel berupa Electronic Data Capture (EDC) dan PC Touchscreen secara self service," terangnya.

Selain itu, teras BRI Digital dilengkapi dengan aplikasi e-Pasar BRI, yakni pasar online yang memberikan fasilitas dan layanan berupa update informasi mengenai harga dan stok komoditas di pasar baik tingkat lokal, regional dan nasional yang diperuntukkan bagi pedagang pasar maupun pembeli yang menjadi nasabah Bank BRI.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: