Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Belum Bisa Dipastikan, Pilkada DKI Satu atau Dua Putaran

Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Strategi Indo Survey & Strategy Karyono Wibowo mengatakan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 belum bisa dipastikan akan berjalan satu atau dua putaran.

"Masih terlalu dini untuk memperkirakan karena dinamika politik masih dinamis," kata Karyono Wibowo dihubungi di Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Karyono mengatakan untuk menghasilkan perkiraan yang akurat, diperlukan hasil survei yang mendekati hari pemilihan. Menurut dia, masih banyak pemilih yang saat ini belum menentukan pilihan, sehingga semua calon masih berpeluang.

Menurut Karyono, ada banyak faktor yang menentukan kemenang dalam pemilihan kepada daerah atau pemilihan lainnya. Pertarungan politik adalah kompetisi yang sangat dinamis sehingga perhitungan politik bukan seperti matematika dan statistik yang menggunakan rumus baku.

"Situasi politik dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dinamika pergerakan politik yang terjadi," ujarnya.

Perubahan situasi politik dalam konteks pilkada DKI bisa disebabkan oleh sejumlah faktor antara lain adanya sentimen isu, mesin politik yang bekerja dan sejumlah variabel lain yang dapat mempengaruhi tingkat keterpilihan pasangan calon.

Terkait dengan pasangan yang akan bersaing dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, Karyono menilai ketiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berkompetisi pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 adalah orang-orang yang memiliki kemampuan untuk memimpin Jakarta.

"Saya menilai tiga pasangan ini merupakan pilihan terbaik bagi warga Jakarta," ujarnya.

Tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur sudah mendaftarkan diri ke KPU DKI Jakarta.

Mereka adalah Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Golkar dan Partai Hanura, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang diusung Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan PKS. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: