Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina Gandeng BSM Manfaatkan Produk dan Jasa Keuangan Syariah

Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pertamina (Persero) bersama Bank Syariah Mandiri (BSM) sepakat mendukung inisiatif pemerintah dalam meningkatkan peran perbankan syariah melalui kerja sama penggunaan jasa dan produk perbankan berdarasakan prinsip syariah.

Nota kesepahaman ditandatangani Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman dan Direktur Utama Bank Syariah Mandiri Agus Sudiarto. Nota kesepahaman tersebut mencakup pemanfaatan produk dana seperti tabungan mudharabah, giro wadiah institusi, dan deposito serta produk pembiayaan termasuk ditujukan kepada karyawan Pertamina seperti kepemilikan rumah, cicil emas, gadai emas, kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Direktur Utama BSM Agus Sudiarto menyampaikan kesepakatan ini menunjukkan dukungan BUMN dalam hal ini Pertamina terhadap perkembangan perbankan syariah di Indonesia.

"Kami berterima kasih diberikan kesempatan memberikan layanan sekaligus solusi transaksi keuangan syariah bagi Pertamina dan jajaran pegawainya," kata Agus Sudiarto di Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Sementara itu, Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman menyatakan keikutsertaan Pertamina dalam perbankan syariah ini sebagai bagian dari upaya mendorong peran Bank syariah di tengah melambatnya ekonomi global. Pertamina menilai BSM tergolong baik dari aspek permodalan, rentabilitas, likuiditas, aset produktif yang bisa dilihat dari Laporan Keuangan.

Arief menambahkan kerja sama ini juga menjadi bagian dari program breakthrough project corporate (BTP) cash management di Pertamina.

"BTP ini merupakan tahap ke- III di mana tujuannya untuk meningkatkan kinerja keuangan dan meningkatkan pengelolaan risiko keuangan antara lain mitigasi risiko melalui diversifikasi penempatan dana perusahaan," jelas Arief.

Hingga Agustus 2016, aset BSM tercatat sebesar Rp73,6 triliun. Adapun dana pihak ketiga BSM mencapai Rp65,3 triliun dan pembiayaan Rp53 triliun. BSM memiliki 767 kantor cabang di seluruh Indonesia dan didukung oleh ATM BSM dan Mandiri Group, BSM merupakan bank syariah yang memiliki jaringan terluas di Indonesia.

"Sebagai bank syariah yang memiliki produk terlengkap dengan ketersediaan infrastruktur IT yang memadai, kami berharap melalui kerja sama ini BSM dapat memberikan layanan terbaik bagi Pertamina dan ke depannya kerja sama terus berkembang ke produk-produk BSM lain, seperti cash management, payroll gaji, pembiayaan consumer, tabungan mabrur junior, pembiayaan pensiun, dan lain-lain," pungkas Agus.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: