Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

412,5 Hektare Tanaman Padi di Sumut Alami Puso

Warta Ekonomi, Medan -

Dinas Pertanian Sumatera Utara (Sumut) akan meminta cadangan benih nasional kepada pemerintah pusat untuk mengganti 412,5 hektare (ha) tanaman padi yang mengalami puso (kerusakan).

Kepala UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Dinas Pertanian Sumut Nurhijjah mengatakan permintaan itu akan disampaikan apabila kabupaten cepat mengambil langkah melaporkan dampak puso.

"Kalau kabupaten dalam hal ini kepala dinas tidakk mengajukan bagaimana kami mau proses karena itu semua tergantung mereka karena data semuanya ada pada kabupaten," katanya di Medan, Rabu (28/9/2016).

Ia mengatakan curah hujan Sumut yang cukup tinggi selama bulan November mengakibatkan sebagian lahan pertanian di Sumut terendam banjir. Ia menambahkan tanaman padi sawah yang terkena banjir seluas 1.834,7 hektare dan puso seluas 412,5 ha.

"Memang jika terjadi puso di kabupaten/kota sudah diatur pemerintah akan ada tambahan benih nasional," ujarnya.

Daerah yang paling banyak mengalami puso seperti di Kabupaten Langkat, imbuhnya, terjadi di tiga desa Kecamatan Sei Lepan seluas 58,0 ha dan delapan desa di Tanjung Pura, 10,70 ha. Kabupaten Deliserdang di tiga desa Kecamatan Hamparan Perak seluas 8,5 ha dan Labuhanbatu di tiga desa Kecamatan Panai Hilir mengalami puso seluas 239,0 ha.

"Ada juga di terkena banjir di Stabat, Babalan, Secanggang, Hinai, dan beberapa daerah lainnya," katanya.

Pihaknya sudah melakukan upaya mulai dari memberikan rekomendasi kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Unit Pelaksana Teknik Dinas (UPTD) untuk melaksanakan pompanisasi dan menanam varietas yang tahan kekeringan.

"Meningkatkan pengamatan perkembangan dampak banjir terhadap pertanaman dan melaporkannya secara konsisten. Kita juga sudah mengaktifkan posko-posko di kecamatan juga kabupaten," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: