Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jakarta Rusun Festival Dorong Ajak Anak Rusun Meraih Mimpi

Warta Ekonomi, Jakarta -

Dengan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI), Yayasan Cahaya Kasih Tunas Bangsa (YCKTB), Adamantis Production & Footballicious mengumumkan hadirnya kembali kompetisi Jakarta Rusun Festival, ajang kompetisi sepakbola dan seni bagi anak-anak rusun di Jakarta. 

Tahun lalu, saat masih bertajuk Jakarta Football Festival Rusun Cup (JFFRC), kompetisi ini berhasil membawa 12 anak rusun ke Barcelona & Madrid (Spanyol) untuk melihat tempat latihan para pemain dunia, mereka juga berkesempatan bertanding dengan club junior Inter Espana di Madrid dan memenangkan pertandingan tersebut.

"Saya tidak pernah bermimpi bisa menjadi pemain sepakbola, sampai tahun kemarin saya ikut  lomba sepakbola di rusun, tim saya yang menjadi pemenangnya dan kita sangat senang bisa dapat pelatihan sepakbola dari pelatih yang hebat. Saya juga bisa melihat langsung tempat latihan bintang sepakbola dunia di Barcelona," kata Muhammad Sobri di Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Ajang tahunan ini akan digelar kembali pada bulan Oktober-November mendatang, dengan nama baru yakni Jakarta Rusun Festival 2016 (JRF). Dengan mengusung tagline: "KAMI (anak rusun) BISA", JRF 2016 diperuntukkan bagi anak-anak yang tinggal di 22 Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) di wilayah DKI Jakarta.

JRF sudah berhasil menyalurkan potensi besar anak-anak rusun, Ketua Umum JRF, David Wiranata berharap acara ini bisa memberikan sikap positif, apresiatif dan juga motivasi pada anak-anak rusun terhadap olahraga, seni, maupun kebudayaan nasional, sehingga nantinya mereka tidak akan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif. 

Acara ini juga dapat mengubah stigma masyarakat Jakarta terhadap warga rusun, bahwa warga rusun bukanlah orang yang terbuang, atau dikesampingkan. Tetapi juga warga DKI Jakarta yang mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan warga lainnya. 

"Melihat antusiasme anak-anak rusun mengikuti kompetisi sepakbola tahun kemarin, saat ini kami kembali lagi hadir untuk mewadahi potensi-potensi anak rusun untuk mencapai cita-citanya. Tahun ini kita juga mengajak anak-anak rusun perempuan yang memiliki minat di bidang seni (menari dan mengambar) untuk ikut serta dalam JRF," tambah David.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ahok pun menyatakan dukungannya terhadap JRF 2016. Ahok optimis anak-anak rusun bisa menyalurkan bakat, potensi, dan cita-cita mereka. Lewat ajang yang positif ini, Ahok ingin anak-anak rusun meraih cita-cita dan mendapatkan pengalaman di bidang olahraga maupun seni.

"Semua tahu yang bisa menyatukan banyak orang dengan berbagai latar belakang adalah sepakbola. Saya berharap Jakarta Rusun Festival bisa menjadi salah satu wadah pembinaan sepakbola dan seni bagi anak-anak di Jakarta. Saya yakin, dari event ini kelak akan lahir pemain kelas dunia,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Vicky Fadil
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: