Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gaya Komunikasi Ahok Kerap Kasar dan Meledk-ledak jadi Kelemahan Menonjol

Warta Ekonomi, Jakarta -

Gaya komunikasi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang meledak-ledak, kerap menggunakan kata kasar, dan tidak jarang menyinggung perasaan orang lain merupakan salah satu kelemahannya, kata Direktur Strategi Indo Survey & Strategy Karyono Wibowo.

"Ini adalah kelemahan yang paling menonjol dari Ahok yang perlu diwaspadai oleh tim koalisi. Kelemahan ini pula yang sering digunakan lawan politik Ahok untuk menyerang dari sisi etika komunikasi," kata Karyono dihubungi di Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Menurut Karyono, kelemahan itu cukup penting untuk diperbaiki walaupun sebagian besar pemilih di Jakarta lebih menitikberatkan pada aspek keberhasilan Ahok dalam membangun Ibu Kota daripada sekadar gaya komunikasi.

Namun, ada sebagian warga DKI yang dalam memilih pemimpin tidak sekadar dari satu sisi keberhasilan pembangunan fisik, tetapi juga menilai dari sisi lain, termasuk etika komunikasi dan moral.

"Itu tidak bisa dipungkiri. Penting untuk menjadi perhatian bahwa dengan gaya komunikasi saat ini Ahok berpotensi kehilangan segmen pemilih, terutama yang memang tidak suka dengan gaya komunikasi seperti itu," tuturnya.

Selain itu, gaya komunikasi Ahok itu juga rentan diplintir dan diprovokasi serta dimanfaatkan oleh pesaing yang menyerang. Bila kelemahan gaya komunikasi itu bisa diperbaiki, peluang Ahok-Djarot Saiful Hidayat memenangi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 akan makin besar.

Tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur sudah mendaftarkan diri ke KPU Provinsi DKI Jakarta untuk bersaing pada pilkada mendatang.

Mereka adalah Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Golkar, dan Partai Hanura; Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang diusung Partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN; Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan PKS. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: