Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wah! Peserta 'Tax Amnesty' Membludak, Ditjen Pajak Tetapkan Keadaan Luar Biasa

Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menetapkan keadaan luar biasa pada tempat penerimaan surat penyertaan harta (SPH) di empat lokasi kantor pajak di Jakarta guna mengurangi antrean menjelang berakhirnya periode I program amnesti pajak.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Hestu Yoga Saksama, di Jakarta, Kamis (29/9/2016), mengatakan empat lokasi tersebut adalah Kantor Pusat DJP, KPP Madya Jakarta Gambir, Kanwil DJP Jakarta Khusus Kalibata, dan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar Sudirman.

"Di lokasi-lokasi tersebut terjadi padat antrean karena wajib pajak mengejar waktu untuk mendapatkan tarif dua persen. Kalau prosedur biasa mungkin tidak akan tertangani. DJP memutuskan untuk menerapkan keadaan luar biasa," ucap Yoga.

Keadaaan luar biasa tersebut memungkinkan pelayanan amnesti pajak yang cepat karena SPH diteliti secara ringkas dan belum langsung diunggah ke sistem.

Wajib pajak diberik tanda terima sementara sebagai bukti. Tanda terima tersebut belum merupakan bukti yang sah.

"Paling lama lima hari akan dikeluarkan tanda terima yang sah kalau persyaratan sudah lengkap, kalau belum lengkap akan dihubungi untuk dilengkapi. Unggah ke sistem juga dalam lima hari. Tanda terima yang sah bisa dikirim melalui pos," kata Hestu Yoga.

Dengan pemberlakuan keadaan luar biasa, penyampaian SPH dapat berlangsung lima menit per wajib pajak dibandingkan dengan prosedur biasa yang bisa memakan waktu 30 menit per wajib pajak.

Hestu Yoga mengatakan kantor pelayanan pajak selain empat lokasi tersebut yang juga memiliki banyak antrean wajib pajak mempunyai wewenang menetapkan kondisi pelayanannya sendiri.

"Jumat (30/9) tidak akan kalah banyaknya karena merupakan hari terakhir. Di Kantor Pusat DJP sejak siang ini melayani dengan 61 unit konter pelayanan," ucap dia.

Berdasarkan pantauan Antara, Kantor Pusat DJP dipenuhi oleh wajib pajak yang ingin mengikuti amnesti pajak. Bahkan, pihak setempat menyediakan tenda di selasar gedung untuk para wajib pajak yang mengantre. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: