Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BRI Gandeng Startup Company Bangun Layanan Keuangan Digital

BRI Gandeng Startup Company Bangun Layanan Keuangan Digital Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mendukung para penggiat usaha rintisan (startup) tanah air untuk berinovasi memecahkan berbagai macam permasalahan layanan keuangan melalui solusi digital.

Dukungan nyata BRI tersebut dilakukan melalui event yang bertajuk BRI Digital Challenge, sebuah ajang adu kreativitas teknologi informasi dalam menciptakan aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan keuangan, khususnya para pelaku UMKM.

BRI Digital Challenge adalah salah satu kegiatan BRI yang digelar untuk ikut membangun ekosistem perekonomian digital di Indonesia. BRI yakin dengan merangkul komunitas technopreneur maka makin banyak yang semakin peduli dengan pengembangan teknologi untuk layanan finansial di Indonesia.

Mengangkat empat tema besar, yakni, empowering UMKM, empowering cashless society, empowering c-generation, dan empowering rural society dengan pemanfaatan satelit BRI (BRIsat) rangkaian event BRI Digital Challenge dimulai dengan submisi ide produk/aplikasi dari tanggal 19 Agustus-12 September 2016, dan kemudian pengumuman finalis dilakukan pada 15 September 2016. Selanjutnya para finalis mengikuti Pre-Hackathon Day pada tanggal 23 September 2016.

Puncak BRI Digital Challenge atau Hackathon Day berlangsung pada 30 September-1 Oktober 2016 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten.

Menyambut usia BRI ke 121 tahun yang akan jatuh pada tanggal 16 Desember 2016, sebanyak 121 ide terpilih untuk mengikuti hackathon day yang diusung oleh lebih dari 375 pengembang IT. 121 ide tersebut, merupakan hasil penyaringan dari 792 ide yang diusung oleh lebih dari 1.500 pengembang IT. Peserta terbanyak berasal dari Kota Jakarta dan peserta terjauh berasal dari Negara Amerika Serikat.

Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso mengatakan fenomena yang terjadi saat ini adalah banyak hal-hal kecil yang dapat dioptimalkan menggunakan teknologi seperti proses berjalannya usaha kecil, urusan pembayaran yang menggunakan sistem cashless yang kini bisa dirasakan dari perkotaan sampai ke pelosok dan berbagai hal lainnya yang bisa dimaksimalkan dengan penggunaan teknologi yang tepat.

"Melihat bahwa saat ini semakin banyak Indonesia yang paham akan teknologi, BRI ingin memanfaatkan BRI Digital Challenge ini untuk mendongkrak kreatifitas untuk meningkatkan produktifitas, efiesiensi sekaligus kualitas hidup masyarakat dengan menciptakan teknologi aplikasi yang bermanfaat," tegas Hari di Jakarta, Jumat (30/9/2016).

Apalagi, lanjut dia, Indonesia masih memiliki tantangan untuk membangun layanan keuangan inklusif di mana baru 36% dari total penduduk dewasa (+15 tahun) yang memiliki rekening bank dari data Global Findex 2014.

"Teknologi bisa mengakselerasi penetrasi layanan finansial," menurut Hari Siaga.

Selain BRI Digital Challenge, BRI juga terus mengembangkan berbagai inovasi perbankan digital bagi masyarakat yang ada di perkotaan sampai di pedesaan. Outlet  BRI Digital hadir di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dengan layanan one-stop-self-service banking dengan teknologi terkini. Selain itu BRI juga mendukung digitalisasi pedagang pasar tradisional dengan e-Pasar dan juga e-UMKM Interactive.

“Teknologi akan menjadi kunci dalam pelayanan masyarakat yang semakin terkoneksi. Karena itu, BRI terus menciptakan inovasi untuk meningkatkan layanan perbankan bagi masyarakat di era digital dan pada akhirnya ikut membangun perekonomian digital di Indonesia," tandas Hari Siaga.

"Untuk itu, BRI tidak berjalan sendiri, kami bekerja sama dengan berbagai pihak dan juga kaum muda technopreneur, seperti dalam BRI Digital Challenge ini. Dengan berkolaborasi, iklim perkembangan teknologi di Indonesia akan berkesinambungan,” tambah Hari Siaga.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: