Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengutip Ayat Suci Bukan pada Konteks, Ahok Dikecam Fadli Zon

Mengutip Ayat Suci Bukan pada Konteks, Ahok Dikecam Fadli Zon Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pernyataan Ahok kepada publik agar tidak menjadikan surat Al Maidah ayat 51 sebagai alasan untuk tidak memilih dirinya menuai kecaman dari Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Diketahui, dalam satu kesempatan Ahok menyatakan "jangan tak pilih saya karena Al-Maidah 51."

Fadli Zon mengecam peryataan Ahok tersebut. Wakil Ketua DPR ini menyatakan bahwa selama ini Ahok banyak menyerukan agar jangan ada isu SARA, jangan rasis, di dalam kampanye politik. Tapi justru pernyataan Ahok yang mengutip surat Al-Maidah 51 dengan konteks yang tidak tepat.

"Jelas ini merupakan pernyataan provokatif dan bermuatan SARA," kata Fadli dalam pesannya yang diterima di Jakarta, Jumat (30/9/2016).

Dia menambahkan bahwa Ahok bukan orang yang memiliki kompetensi untuk mengutip ayat suci umat Islam dan mengajarinya tentang agama. Pernyataan Ahok juga sangat tidak tepat sebab itu sama saja dengan melarang umat Islam menjalankan keyakinan ajaran agamanya.

Fadli Zon juga sangat prihatin dengan pernyataan Ahok karena bukannya akan memunculkan persaingan yang sehat, namun justru atas pernyataan mantan Bupati Belitung Timur itu dinilai akan menyinggung sebagian umat Islam serta berpotensi memunculkan keresahan sosial dan menodai proses pilkada.

"Negara kita berdasarkan Pancasila dan di sisi lain kita juga menghargai pluralisme, namun bukan berarti Ahok bebas mengutip dan mengajari ajaran agama umat Islam yang bukan keahliannya," pungkasnya.

Fadli Zon menyarankan agar Ahok menghentikan pernyataan-pernyataan provokatif yang menyinggung isu SARA.

"Kritik dan debat adalah hal biasa dalam demokrasi, tapi pernyataan yang menyinggung agama bisa ditanggapi berbeda oleh masyarakat. Pilkada ini harus berjalan secara sehat, demokratis, dan konstitusional," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: