Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mensos Resmikan E-Warong di Probolinggo

Mensos Resmikan E-Warong di Probolinggo Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Probolinggo -

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meresmikan Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (E-Warong KUBE PKH) di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2016).

E-warong tersebut merupakan yang ke 22 yang diresmikan setelah dimulai sejak Juni lalu di Malang dan akan melayani transaksi bahan pokok bagi penerima manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH).

"Keberadaan E-Warong menjadi solusi atas pencegahan berbagai praktik penyelewengan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) non-tunai kepada masyarakat miskin, dalam hal ini PKH dengan tujuan mengurangi inflasi," ujar Mensos.

Selain itu, keberadaan E-Warong juga diharapkan dapat menekan harga mengingat harga jual produk di e-Warong jauh lebih murah. Untuk mengantisipasi sistem borong, kata dia, maka kartu dikunci dengan teknologi yang telah diuji coba baik melalui SimCard maupun web.

Penerima manfaat dapat membeli gula, beras, tepung dan minyak goreng di E-Warong dengan harga yang murah karena bahan pokok tersebut langsung didistribusikan oleh Bulog. Adapun jumlah penerima PKH di Kabupaten Probolinggo sebanyak 22.553 sementara jumlah penerima PKH Kota Probolinggo sejumlah 6.026.

Mensos juga menjelaskan bahwa ke depannya semua bantuan dari Kementerian akan terintegrasi dengan "Kartu Bisa" sehingga penyaluran bantuan sosial akan lebih holistik, seperti bantuan elpiji tiga kilogram serta KIP dari Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ada empat hal yang menjadi tujuan pembentukan e-Warong KUBE PKH yakni untuk menyediakan tempat pemasaran produk-produk KUBE dan hasil usaha peserta PKH.

Selain itu juga untuk menyediakan kebutuhan usaha dan kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga murah bagi anggota KUBE dan Peserta PKH, menyediakan transaksi keuangan secara nontunai/elektronik baik untuk pencairan bantuan sosial maupun pembayaran lainnya, serta menyediakan instrumen/sistem penyaluran bantuan sosial tanpa penyelewengan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin, Andi ZA Dulung menjelaskan pendirian E-Warong KUBE PKH dilatarbelakangi arahan bapak Presiden RI untuk merumuskan bantuan subsidi secara nontunai.

"E-Warong KUBE PKH menjadi tonggak dimulainya era Layanan Keuangan Digital (LKD) atau Laku Pandai sehingga penerima manfaat tidak lagi menjadi penonton dalam bantuan sosial, tetapi berperan aktif dalam pengelolaan bantuan sosial itu sendiri," ujar Dirjen.

Andi menambahkan E-Warong KUBE PKH tidak hanya dipergunakan untuk mengambil bantuan sosial, tetapi juga dapat menjadi tempat pembayaran tagihan rutin bulanan, seperti listrik, air dan tagihan lainnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: