Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemkab Pasuruan Komitmen Dorong Kalangan Industri Bantu UKM

Pemkab Pasuruan Komitmen Dorong Kalangan Industri Bantu UKM Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Pasuruan -

Pemerintah Kabupaten, Jawa Timur, akan mendorong kalangan industri untuk membantu peningkatan kualitas usaha kecil menengah sehingga mampu berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Demikian penegasan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menjawab pers usai menghadiri pembukaan Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna Expo 2016 ke-8 bertema "Bangga UKM Indonesia" di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2016).

Menurut dia, kalangan dunia usaha atau industri di Pasuruan yang berjumlah 1.000 pelaku, adalah satu dari empat pilar yang akan didorong membantu UKM.

"Ada 1.000-an industri di sini. Ini akan didorong meningkatkan kepedulian untuk ikut membina dan melatih UKM yang jumlahnya 3.000-an unit," katanya.

Tiga pilar lainnya, kata dia, adalah pemerintah, masyarakat dan swasta. "Kami di pemerintahan sudah mencanangkan tahun ini adalah fokus, tahun UKM," katanya.

Untuk itu, pemerintah Kabupaten Pasuruan, melalui APBD telah menggelontorkan anggaran miliaran rupiah dalam rangka pemberdayaan UKM.

"Kontribusi UKM terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pasuruan selama ini cukup signifikan, " katanya tanpa bersedia merinci angka detil kontribusi yang dimaksud karena alasan lupa data.

Bupati Irsyad menyebut, UKM unggulan Kabupaten Pasuruan itu ada beberapa seperti, kerajinan bordir yang sudah menembus pasar ekspor, makanan olahan dan minuman, kerajinan perak dan mebel serta batik. Data Kementerian Keuangan 2016 menyebutkan, sektor UKM adalah mayoritas jenis usaha di Indonesia yakni sebesar 99,9 persen.

Sektor ini mampu menyediakan lapangan pekerjaan 97,2 persen dan menyumbang 59,1 persen pada produk domestik bruto.

Sampoerna komit PT HM Sampoerna Tbk sendiri yang lokasi usahanya juga di Kabupaten Pasuruan juga menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kualitas Usaha Kecil Menengah (UKM) agar mampu berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk bagi mereka sendiri.

"Kami tetap komit untuk meningkatkan kualitas UKM Indonesia karena potensi untuk membantu perekonomian suatu negara sangat luar biasa," kata Presiden Direktur Sampoerna Tbk, Paul Janelle saat membuka Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna Expo 2016 ke-8 itu.

Pada pameran itu di bawah payung Sampoerna Untuk Indonesia (SUI) itu, menghadirkan 63 peserta UKM binaan PPK Sampoerna dari seluruh Indonesia dengan peserta terbanyak dari Jawa Timur. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: