Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BNI Siap Monitor Bansos Nontunai secara Real Time

BNI Siap Monitor Bansos Nontunai secara Real Time Kredit Foto: BNI
Warta Ekonomi, Probolinggo -

Bank penyedia layanan keuangan digital (LKD) yang bermitra dengan pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial nontunai akan memasang monitor berupa digital dashboard untuk memantau dan memastikan transparansi bantuan.

"Untuk mendorong transparansi penyaluran bansos bagi semua pelaksana, bank akan memasang monitor yang bisa dilihat secara 'real time'," kata Wakil Dirut PT BNI (Persero) Tbk Suprajarto di Probolinggo, Sabtu (1/10/2016).

Sistem pembayaran bansos Program Keluarga Harapan (PKH) sudah mulai menggunakan LKD di sebagian daerah begitu juga dengan penyaluran beras sejahtera (rastra) yang bisa dicairkan lewat Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama PKH (E-Warong KUBE-PKH).

"Ini sudah yang ke-15 kali BNI menjadi mitra setelah Malang. Himpunan Bank Negara (Himbara) sepakat akan melaksanakan tugas ini," katanya.

Bank yang menjadi mitra yaitu BNI Mandiri, BTN akan melayani LKD di Jawa, Bali dan Papua, selebihnya akan dilayani BRI.

"Kami sepakat tetap akan 'zero cost'," tambah Suprajarto.

Sistem ini menggunakan mekanisme nontunai melalui LKD merupakan implementasi harapan Presiden Joko Widodo bahwa seluruh penyaluran bansos bisa terintegrasi dengan sistem perbankan sehingga bisa tepat jumlah, efektif, efisien dan lebih mudah dan cepat.

"Dengan sistem ini seluruh bansos akan disalurkan ke rekening penerima manfaat yang selanjutnya dapat untuk membeli barang, tarik tunai atau tetap disimpan," katanya.

Nantinya seluruh bansos akan terakumulasi dalam satu kartu yaitu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) tersebut dan di beberapa tempat juga sekaligus dimanfaatkan untuk penyaluran bansos dari APBD. Kartu ini juga sekaligus bisa dikembangkan juga untuk hal lain Khususnya penyaluran subsidi baik pupuk dan elpiji serta ke depan juga bisa untuk pembayaran listrik.

Penerima manfaat bisa memanfaatkan E-warong yang juga akan merangkap sebagai agen bank yang selain untuk penyaluran bansos juga bisa transaksi bank lainnya termasuk untuk pembukaan rekening. ?(Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: