Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenkop UKM dan GKN Bersinergi Bangun Kewirausahaan Kelas Dunia

Kemenkop UKM dan GKN Bersinergi Bangun Kewirausahaan Kelas Dunia Kredit Foto: Vicky Fadil
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga memberikan apresiasi penuh pada Himpunan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) dalam membantu program pemerintah untuk meningkatkan sektor perekonomian.

Dalam sambutannya Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan, ini sebuah langkah maju bagi sektor kewirausahaan, ini terbukti dari acara yang dijadwalkan mulai sekitar pukul 10:00 WIB namun sudah siap 30 menit sebelumnya. Ini bukti nyata semangat entrepreneur kita sangat luar biasa.?

"Saya percaya spirit kewirausahaan kita terbaik se-dunia, sesuai tema kita Getting Spirit Of Entrepreneurship. Contoh kecil saja, Saya lahir di sebuah kampung di Bali, dulu setiap akhir pekan masyarakat lombok suka kekampung saya untuk menjual kain batik dari berbagai daerah dengan cara di gendong-gendong. Itu juga bukti semangat entrepreneur kita paling tinggi," ujar Menteri AAGN Puspayoga dalam sambutannya di talkshow GKN, di Gedung Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Sekarang mana ada Negara lain yang Wirausahannya dorong-dorong gerobak masuk kekampung untuk berjualan? ini bukti semangat kita besar, lanjut AAGN Puspayoga. Namun saat ini pertumbuhan entrepreneur kita masih sangat kecil, hanya 1,6 persen. beda dengan negara tetangga yang sektor entrepreneurnya diatas 4 persen.?

"Bukan hanya pemerintah, Hal ini menjadi tugas kita semua, tugas para entrepreneur dan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ?seperti GKN ini yang bergabung untuk menjadi pionir dalam membangun perekonomian Indonesia." lanjutnya.

Sementara itu, lanjut Menteri AAGN Puspayoga menilai kegiatan ini merupakan suatu sinergi antara program pemerintah Jokowi-JK dan para entrepreneur. Hal ini terlihat dari pembangunan sektor infrastuktur yang diperbaiki untuk menghubungkan daerah satu dan yang lain merupakan cara peningkatan perekonomian di daerah itu sendiri.

"Perekonomian itu secara otomatis tumbuh. Itu pasti, jika tidak ada jalan maka kewirausahaan tidak ada." ujarnya.

Lanjut lagi Menteri AAGN Puspayoga mengatakan, perkembangan sektor pariwisata juga ikut membantu peningkatan kewirausahaan.

"Contoh saja, Bali sudah di teror bom hingga dua kali. Namun kewirausahaan dan ekonomi kreatifnya tetap tumbuh bagus, ini bukan teori, tapi sebuah realita" ungkapnya.

Sinergi dari program pemerintah untuk meningkatkan kewirausahaan yang berkualitas agar mampu bersaing dengan negara lain. seperti sektor maritim pun ikut membantu menekan ekonomi biaya tipu. dimana harga semen di Papua dengan di jawa berbeda jauh belum minyak dan lain-lain itu merupakan ketimpangan infrastruktur.

"Situasi-situasi inilah yang harus dimanfaatkan GKN untuk mengolah program-program dari pemerintah. GKN harus mampu membuat semangat entrepreneur kita bersaing dengan negara tetangga."?tutup Menteri Puspayoga.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Vicky Fadil
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: