Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pekerja Sumut Harus Bekali Keterampilan Hadapi MEA

Pekerja Sumut Harus Bekali Keterampilan Hadapi MEA Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Medan -

Pekerja Indonesia, khususnya di Sumatera Utara (Sumut), harus membekali diri dengan aneka keterampilan agar tidak kalah bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Hal ini dikatakan Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan Dr HM Isa Indrawan SE, MM.

"Di era MEA ini tenaga kerja kita harus menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Selain itu, harus mengikuti berbagai pelatihan guna meningkatkan keterampilan," katanya di Medan, Kamis (20/19/2016).

Diakuinya, tantangan terbesar Indonesia terkait dengan MEA adalah ketenagakerjaan. Pasalnya, pasti tidak bisa dihindari adanya persaingan bebas tenaga kerja (free labour), persaingan bebas modal (free capital), dan perdagangan bebas (free trade).

"Sehingga tiap kampus harus dapat berikan ilmu-ilmu yang langsung pada praktiknya. Jangan mengajar hanya pada teori saja sehingga mahasiswa dapat mengerti ilmu-ilmu yang diajarkan para dosen," ujarnya.

Diharapkan, agar tiap kampus, khususnya di Sumut, serius untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa agar ketika mahasiswa telah lulus perkuliahan maka dapat bekerja dengan keterampilan yang dipunya.

"Saya sangat menginginkan agar anak didik yang telah wisuda dapat bekerja dengan jurusan yang mereka tempuh di masa kuliah sehingga dapat sukses dalam menghadapi MEA saat ini," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: