Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DPD Minta Kemenpan Komitmen Jalankan Reformasi Birokrasi

DPD Minta Kemenpan Komitmen Jalankan Reformasi Birokrasi Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI meminta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) terus berkomitmen menjalankan reformasi birokrasi.

Dalam Rapat Kerja Komite I dengan Kemenpan-RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (21/10/2016), Ketua Komite I DPD RI Ahmad Muqowam mengapresiasi keseriusan Kemenpan RB dalam menjalankan program kerja kementerian dan mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi yang menyeluruh.

Saat ini reformasi birokrasi dinilai belum berjalan maksimal karena masih ditemukan berbagai kasus pungutan liar (pungli) di berbagai area pelayanan publik.

"Komite I mendukung dan mengapresiasi program kerja Kemenpan-RB untuk meningkatkan kualitas ASN sebagai pelayan publik yang bersih dalam mendukung tata kelola roda pemerintahan," ujar Muqowam.

Namun, dia juga meminta komitmen pemerintah menyelesaikan rancangan peraturan pendukung lainnya yang berkaitan dengan komitmen daerah dalam meningkatkan kualitas pelayan publik. Pemerintah harus fokus pada pembangunan unit kerja pelayanan dan penguatan sistem pengawasan, termasuk program untuk menghapuskan pungli dengan bentuk standar pelayanan minimal atau standar pelayanan dasar.

"Kami berharap pemerintah segeralah tindaklanjuti dengan mengeluarkan PP yang mendukung program reformasi birokrasi supaya manajemen ASN bisa berjalan dengan baik," katanya.

Dalam kaitan ini, Komite I meminta Kemenpan RB memperhatikan isu-isu strategis yang diberikan oleh KASN untuk ditindak lanjuti mengenai manajemen ASN yang berbasis merit.

"Komite I melihat pemerintah perlu meningkatkan APBN bagi Kemenpan RB dalam rangka mendukung program kerja yang direncanakan agar berhasil," ungkapnya.

Sementara itu, Senator asal Banten Ahmad Subadri menyatakan, saat ini masyarakat masih mempunyai stigma negatif terhadap ASN. Banyak ASN masih bermental ingin dilayani. Karena itu perlu adanya perubahan.

"Stigma negatif terhadap ASN masih ada, untuk itu diperlukan perbaikan yang menyeluruh, juga dalam menyusun dan mengevaluasi kinerja para ASN," katanya.

Saat ini penyerapan anggaran di daerah untuk keperluan program kerakyatan masih kurang. "Kebanyakan APBD terserap untuk membayar kebutuhan gaji dan tunjangan ASN dan bukan untuk kebutuhan publik," katanya.

Karena itu, banyak program pemerintah yang tidak jalan. "Pemerintah harus segera menerapkan sistem yang proporsional mengenai anggaran," katanya.

Senator Sulawesi Barat Asri Anas mengatakan, dibutuhkan keberanian dan gebrakan dari kementerian dalam melakukan terobosan baru karena dari tahun ke tahun program kerja kementerian hanya "itu-itu saja". Saya kira kementerian harus lebih berani dalam membuat gebrakan. Saya menyoroti permasalahan dan program kerja masih itu-itu saja'," katanya.

Menanggapi hal itu, Menteri PAN- RB Asman Abnur menyatakan, saat ini banyak sekali inovasi pelayanan publik yang sudah dilakukan di berbagai kementerian/lembaga dan unit-unit pelayanan publik di pemerintahan daerah dan pusat.

"Saat ini kami sedang menggenjot program percepatan sistem pemerintahan berbasis elektronik seperti e-government, e-budgeting, e-office, sistem aplikasi pelayanan kepegawaian, pelayanan informasi dan perizinan investasi secara elektronik, informasi pelayanan publik, pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional, Samsat online, e-ktp, SIM online, paspor online," kata Asman Abnur.

Berbagai program tersebut bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan menghemat anggaran. "Jika sistem standar nasional sudah berjalan, saya yakin pelayanan publik yang bersih dan transparan akan segera terwujud," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: