Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkeu Minta Seluruh Pegawai Pajak Berkontribusi Bangun Indonesia

Menkeu Minta Seluruh Pegawai Pajak Berkontribusi Bangun Indonesia Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Yogyakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa seluruh pegawai pajak berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

"Apapun posisinya, pegawai pajak ikut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia," kata dia pada acara seminar "What Motivates Tax Compliance?" di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, Kamis (20/10/2016).

Ia mengatakan setiap pegawai pajak berperan besar untuk membangun imej dan kinerja buat lembaga perpajakan.

Oleh karena itu, kata dia, setiap pegawai pajak diingatkan untuk tetap bekerja seoptimal mungkin bagi pembangunan nasional. Pegawai pajak merupakan penyumbang yang luar biasa penting dalam pembangunan Indonesia.

"Saya terus mendorong seluruh jajaran Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk bekerja maksimal," katanya.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pajak (DJP), menurut dia, dua elemen penting reformasi pajak, yaitu Institusi DJP dan SDM-nya.

"Kita melakukan reformasi pajak dengan bersungguh-sungguh. Ada dua elemen penting reformasi pajak yang tidak berpisahkan. Satu institusi pajak, DJP, kelembagaannya, yang harus terus menerus diperbaiki, dari sisi struktur, kewenangan, posisi, semua harus mampu mencerminkan kewenangan yang memang harus dimiliki. Lembaga yang efektif, yang kredibel, yang dihormati masyarakat. Ini amanah yang sangat penting," katanya.

Selain itu, pihaknya menekankan pentingnya peningkatkan kualitas SDM pajak sebagai elemen utama kedua reformasi perpajakan.

"Elemen kedua adalah manusianya yang dipercaya rakyatnya, yang dihormati masyarakatnya. Itu karena SDM-nya. Saya ingin memperhatikan penuh masalah manusia ini, DJP harus punya kompetensi, 'skill', profesionalisme, yang tidak boleh lebih rendah dari negara lain," katanya. (Ant)

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: