Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

World Siap Pinjamkan Dana Untuk AMC Surabaya

World Siap Pinjamkan Dana Untuk AMC Surabaya Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Surabaya -

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan World Bank (Bank Dunia) siap mendukung Angkutan Massal Cepat (AMC) Surabaya dengan memberikan sejumlah pinjaman dan juga hibah.

"World Bank bisa memberi hibah, bentuknya sebagian bisa hibah sebagainnya dalam bentuk pinjaman. Tapi saya tidak bisa pinjam langsung ke World Bank-nya, melainkan harus lewat pemerintah pusat," katanya saat audiensi dengan World Bank di kediaman Wali Kota Surabaya, Sabtu (22/10/2016).

Namun, lanjut dia, adanya pendanaan World Bank dalam realisasi AMC akan menyebabkan sistem lelang untuk pengadaan armada pun harus menyesuaikan yaitu sistem yang digunakan lelangnya adalah harus terbuka. Tidak bisa dilakukan dengan sistem penunjukan langsung.

Untuk itu, wali kota perempuan pertama Surabaya ini akan berkomunikasi dulu dengan DPRD dan juga pemerintah pusat. Dalam kesempatan tersebut, Risma pun menceritakan bagaimana kondisi pengerjaan proyek AMC di Surabaya.

Saat ini, pihaknya sedang menunggu kepastian dari pemerintah pusat terkait terbitkan Kepres yang saat ini tak kunjung diberikan, padahal tanpa teken surat itu maka proyek akan susah berjalan.

"Saya kan juga tidak bisa kalau tanpa kepastian. Kalau pun kepres itu terbit akhir tahun ini, paling tidak baru bisa digunakan AMC-nya tahun 2019 atau sekitar dua tahun. Tapi kan nanti bagaimana dengan kondisi kota, tentu tingkat memiliki mobil pribadi juga sudah tinggi, lalu juga Surabaya jauh lebih macet," kata Risma.

Oleh sebab itu, dengan adanya tawaran Wolrd Bank ini, pihaknya ingin bisa bertemu langsung dengan seluruh pihak yang terlibat dengan proyek AMC dan duduk bersama, baik dengan Kemenhub, PT KAI, dan juga dari Wolrd Bank.

Menurutnya, wolrd bank juga membantu dalam memberikan saran-saran tentang bagaimana membuat perencanaan pendanaan yang efektif dengan solusi teknologi yang terbagik dan sesuai dengan kebutuhan transportasi di Surabaya.

"Untuk bentuknya apa dan nilainya bagaimana masih belum kita putuskan. Tapi kita tetap berharap kita bisa bantu dalam mendanai AMC Surabaya," katanya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: