Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bekraf Dorong Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Kreatif Belitung

Bekraf Dorong Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Kreatif Belitung Kredit Foto: Bekraf.go.id
Warta Ekonomi, Belitung -

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar workshsop dalam rangka peningkatan kapasitas pelaku usaha kreatif terkait akses permodalan di di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Sabtu (22/10/2016).?Belitung merupakan wilayah ketiga setelah kesuksesan workshop serupa di Solo, Jawa Tengah (6/9) dan Cirebon, Jawa Barat (13/10).

Seperti halnya workshop di dua kota lainnya, di samping fokus pada kualitas pelaku ekonomi kreatif, Bekraf juga mendorong fungsi intermediasi Lembaga Keuangan Non-Bank (LKNB), antara lain Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB ? KUMKM) dan Perusahaan Baitul Maal wat Tamwil (PBMT) Ventura.

Harapannya, LKNB juga berperan maksimal sebagai sumber permodalan bagi pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo mengatakan, Bekraf menggelar workshop untuk memberi ilmu kepada para pelaku ekonomi kreatif Belitung terkait akses permodalan. ?Dalam meningkatkan variasi dan kualitas produk yang berorientasi ekspor serta peningkatan indikator kinerja,? katanya, sekaligus secara resmi membuka workshop.

Pelaku ekonomi kreatif Belitung mendapatkan materi seputar upaya meningkatkan bisnis melalui manajemen keuangan, manajemen inovasi dan kewirausahaan serta manajemen risiko. Sehingga selain menjadi kreatif serta inovatif pelaku kreatif Belitung mampu memahami risiko dan mengelola keuangan.

Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Sugeng Santoso mengatakan, hal ini diperlukan bila pelaku ekonomi kreatif mendapat permodalan untuk meningkatkan nilai tambah dan produktivitas.

Dalam workshop ini dijelaskan tentang skema pinjaman UKM kreatif, profil wirausaha dan program & kegiatan Ekrafdi Kabupaten Belitung, rantai produk kreatif, manajemen inovasi dan kewirausahaan, serta sosialisasi edukasi LKNB.

Kepala Bidang Koperasi, Usaha Kecil, Dan Menengah, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Belitung, Mula Samosir menjelaskan kondisi UKM di Belitung. Ia mengungkapkan bahwa Para pelaku UKM kreatif membutuhkan motivasi untuk mengembangkan daya saing produknya.

"Produk unggulan kami adalah kuliner hasil laut. Sehingga, kami mendukung workshop ini sebagai upaya memberdayakan UKM Belitung untuk meningkat di tahap lokal dan internasional,? katanya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Leli Nurhidayah
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: