Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Berikan Komitmen Nyata untuk IORA

Oleh: ,

Indonesia Berikan Komitmen Nyata untuk IORA Kredit Foto: Kemenlu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Indonesia akan menjadi tuan rumah rangkaian pertemuan Indian Ocean Rim Association (IORA) di Nusa Dua, Bali yang terdiri dari the 3rd Ad hoc Committee Meeting on the IORA Concord tanggal 22-23 Oktober, the 16th Meeting of the Working Group on Trade and Investment tanggal 24 Oktober, the 18th Meeting of the Committee of Senior Officials tanggal 25-26 Oktober, dan berpuncak pada the 16th Council of Ministers (COM) Meeting, pada 27 Oktober 2016 yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Menurut siaran pers, Kementerian Luar Negeri RI, Minggu (23/10/2016) di sela-sela pertemuan IORA, Menteri Luar Negeri RI juga akan melakukan serangkaian pertemuan bilateral dengan negara sahabat dan Sekretaris Jenderal IORA.

Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) IORA ke-16 diharapkan akan menghasilkan Bali Communiqu? yang intinya menegaskan komitmen negara-negara lingkar Samudra Hindia untuk memperkuat sinergi dan konsultasi regional guna meningkatkan stabilitas kawasan.

Dokumen ini akan memuat visi dan langkah konkret bagi penguatan kerja sama ekonomi dan kerja sama maritim untuk kepentingan bersama. Pertemuan akan melanjutkan pembahasan IORA Concord yang diharapkan dapat disahkan pada Pertemuan Tingkat Tinggi Khusus IORA yang akan diselenggarakan bulan Maret 2017. IORA Concord diharapkan dapat menjadi tonggak untuk mendorong regionalisme di Samudra Hindia.

Indonesia saat ini menjadi ketua IORA untuk periode 2015-2017 dengan mengusung tema Strengthening Maritime Cooperation for a Peaceful, Stable and Prosperous Indian Ocean. Sebagai negara yang berada di persilangan Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, Indonesia memaksimalkan keketuaannya untuk mendorong peningkatan kerja sama maritim dan penguatan diplomasi ekonomi di kawasan Samudra Hindia.

Hal ini, sejalan dengan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia. Selain itu, kepemimpinan Indonesia juga akan dimanfaatkan untuk memajukan pengembangan kawasan Samudra Hindia sebagai new growth center melalui kerja sama IORA.

Pertemuan IORA tahun ini akan dihadiri lebih dari 250 delegasi dari 21 negara termasuk 11 menteri yang telah mengkonfirmasi kehadirannya hingga saat ini (21/10). ?Pertemuan ini juga akan diikuti oleh 7 negara mitra wicara yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Jerman, Mesir, Prancis dan RRT.

Indian Ocean Rim Association (IORA) merupakan forum kerja sama lingkar Samudra Hindia yang berfokus pada peningkatan kerja sama ekonomi dan maritim. Negara anggota IORA: Afrika Selatan, Australia, Bangladesh, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik, Oman, Persatuan Emirat Arab, Seychelles, Singapura, Somalia, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Uni Comoros, dan Yaman.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: