Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Alamanda: Peserta Harus Mampu Ciptakan Solusi Out of The Box!

Alamanda: Peserta Harus Mampu Ciptakan Solusi Out of The Box! Kredit Foto: Leli Nurhidayah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah memasuki tahap Hacksprint. Untuk menciptakan purwarupa atau prototype produk startup digital dalam tahap Hacksprint, dilakukan dengan beberapa langkah mulai dari Warming up. Setiap tim akan memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing anggota.

Selanjutnya starting, peserta akan memilih satu tipe customer yang spesifik beserta masalahnya dengan mempelajari perilaku dari customer tersebut. Acceleration, setiap peserta akan secara cepat melakukan perbaikan secara cepat melalui sketchin.

Dilanjutkan Constant Speed, peserta akan melakukan bagiannya masing-masing untuk mewujudkan produknya. Tahap akhir Deceleration, para peserta akan membuktikan produk yang mereka buat dengan cara melakukan tes langsung ke calon user mereka.??

Dalam Hacksprint, calon startup founder tidak hanya dituntut untuk membuat sebuah purwarupa, namun mereka juga harus memahami validasi bisnis dan bisnis model agar dapat menciptakan startup digital yang mampu terus berkembang dan berkelanjutan.

Ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam mengembangkan startup digital. Chief of Activist FemaleDev sekaligus mentor dalam Hackprint Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Alamanda Shantika menuturkan, ?Para peserta tidak boleh terlalu percaya diri kalau produk mereka bagus. Itulah gunanya belajar market validation," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (23/10/2016).

Selain itu peserta juga harus mampu menggali masalah lebih dalam lagi dan mampu menemukan solusi yang tidak biasa.

"Solusi yang out-of-the-box!?Jangan menawarkan solusi yang sudah bukan barang baru lagi, itu-itu saja, dan sudah banyak dijumpai di pasaran," imbuhnya.

Saat ini Hacksprint sudah berlangsung di dua kota, Jakarta dan Surabaya. Dalam setiap kegiatan, dipilih tiga ide terbaik yang akan mendapatkan Chromebook dari Acer sebagai Official Technology Partner Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Hacksprint berikutnya diselenggarakan di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Setelah menjalani Hacksprint, tim yang terpilih akan berlanjut ke tahap Bootcamp untuk mendalami strategi go-to-market hingga bagaimana layanan atau produk siap diluncurkan ke publik.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Leli Nurhidayah
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: