Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

IDI Nilai Pelayanan JKN Belum Maksimal

IDI Nilai Pelayanan JKN Belum Maksimal Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Bandar Lampung -

Ikatan Dokter Indonesia Provinsi Lampung menilai sistem pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan masih belum maksimal.

"Program JKN ini merupakan hal yang sangat baik direncanakan oleh pemerintah yang pro-rakyat, tapi karena proses atau sistemnya yang masih belum maksimal sehingga masyarakat juga yang dirugikan," kata koordinator aksi damai dokter Lampung, dr Bambang Eko Subekti SpAn, di Tugu Adipura Bandarlampung, Senin (24/10/2016).

Menurut dia, sistemnya seperti kapitasi yang relatif rendah cukup memengaruhi kualitas pengobatan terhadap pasien sehingga tidak memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

Selain itu, aksi damai ini dilakukan serentak dalam rangka memperingati HUT IDI ke-66 dengan mengedepankan tuntutan terhadap pelaksanaan Dokter Layanan Primer karena dinilai tidak efektif dan efisien.

Menurut Sekretaris IDI Bandarlampung itu, program Dokter Layanan Primer merupakan diskriminasi terhadap kelompok dokter tertentu.

"Dokter Layanan Primer bukan jawaban masalah urgen yang terjadi selama ini di bidang pelayanan kesehatan," katanya.

Dokter anastesis itu justru meminta pemerintah lebih fokus pada program prioritas, di antaranya mengatasi minimnya alat kesehatan, kekosongan obat, persoalan obat palsu, juga sarana-prasarana puskesmas serta rumah sakit yang masih minim.

"Termasuk mengatasi kekosongan dokter di banyak puskesmas," katanya.

Terkait aksi dan pelayanan dokter di fasilitas kesehatan (faskes), Bambang mengatakan meskipun menggelar aksi, IDI mengimbau para dokter tetap mengedepankan pelayanan publik.

"Unit pelayanan yang tidak boleh ditinggalkan adalah UGD, ICU, ICCU, ruang operasi, persalinan, perawatan, serta pelayanan primer yang perlu tindakan gawat darurat," kata dia.

Pihaknya menggelar aksi damai hingga pukul 9.00 WIB agar dapat tetap memberikan pelayanan terbaik di masing-masing faskes. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: