Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Toyota Indonesia Sabet Penghargaan 'Good Factory Award' 2016

Oleh: ,

Toyota Indonesia Sabet Penghargaan 'Good Factory Award' 2016 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil sabet penghargaan Good Factory Award yang diselenggarakan oleh Japan Management Association (JMA) yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2011 ini diberikan kepada perusahan-perusahaan di kawasan Asia Pasifik yang telah menunjukkan peningkatan perbaikan dalam segi produktivitas dan kualitas.

Penyerahan penghargaan yang dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2016 bertempat di Tokyo, Jepang diserahkan langsung oleh Nakamura Masami selaku Ketua JMA kepada manajemen TMMIN yang diwakili oleh Nandi Julyanto, Direktur Produksi & Pabrik Karawang, dan Bob Azam, Direktur Administrasi.

Nandi Julyanto, Direktur Produksi dan Pabrik Karawang TMMIN menyatakan bahwa penghargaan ini semakin memicu TMMIN untuk lebih meningkatkan performa manajemen produksinya. ?Kami sangat tersanjung telah dipercaya untuk menerima penghargaan Good Factory pada kategori Factory Management. Ini menjadi semangat kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi konsumen melalui upaya tiada henti untuk menyediakan produk ? produk berkualitas global yang diproduksi dari fasilitas manufacturing berkualitas global,? ujar Nandi dalam keterangan tertulis yang diterima Redaksi Warta Ekonomi di Jakarta, Senin (24/10/2016).

Penilaian untuk Good Factory Award, lanjut Nandi, dibagi kedalam 3 kategori yaitu Monozukuri Process Award, Monozukuri People Development Award dan Monozukuri CSR Award. Perusahaan yang memiliki nilai baik di ketiga kategori tersebut berhak memperoleh Factory Management Award. TMMIN adalah satu-satunya perusahaan di luar Jepang yang meraih penghargaan di kategori ini.?

Kategori Factory Management adalah sebuah pengakuan yang diberikan bagi perusahaan yang memiliki level manajemen yang tinggi serta berhasil meningkatkan produktivitas dan kualitasnya. Penghargaan ini sekaligus melegitimasi kapabilitas industri Indonesia yang telah dinilai sejajar dengan negara maju lainnya seperti Jepang dan China.

Ini adalah pertama kalinya TMMIN ikut berpartisipasi dalam penghargaan Good Factory yang proses awalnya diikuti oleh sekitar 4.000 perusahaan di Asia. Proses penilaian dimulai sejak bulan Desember tahun 2015 termasuk kegiatan audit secara langsung di Pabrik Karawang TMMIN dimana tim auditor berkesempatan untuk melakukan kegiatan diskusi bersama jajaran direksi dari TMMIN. Penilaian penghargaan Good Factory ?dilakukan oleh Profesor Shin Seichi, kepala komite dari University of Electro Communication Jepang, bersama beberapa ahli dan konsultan manajemen.

Penghargaan Factory Management Award ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan tidak hanya di domestik namun termasuk pasar ekspor akan kualitas produk-produk TMMIN. Ini tentunya akan mendukung aktivitas TMMIN yang ditujukan untuk terus menerus mempertahankan ekspor seiring dengan komitmen agar dapat berkontribusi dalam upaya meningkatkan ekspor non-komoditas serta tercapainya surplus devisa negara. Sebelumnya di awal bulan Oktober 2016, Kementerian Perdagangan RI menganjar TMMIN dengan Penghargaan Primaniyarta di kategori Eksportir Berkinerja untuk ke-7 kalinya.

Fasilitas Manufaktur Tingkat Dunia

TMMIN memiliki 5 fasilitas manufaktur yang berlokasi di Sunter - Jakarta dan Karawang ? Jawa Barat. Fasilitas-fasilitas ini memproduksi kendaraan secara utuh maupun terurai, mesin, komponen, serta alat bantu produksi untuk proses pengepresan (dies) dan pengelasan (jigs). Proses manufaktur di TMMIN dilakukan secara utuh mencakup: Casting, Stamping, Welding, Assembly, dan Quality Control. ?Secara total, 9.500 karyawan terlibat dalam kegiatan produksi yang hasilnya adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

Secara keseluruhan, TMMIN memproduksi 7 model kendaraan dan 2 model mesin. Kijang Innova, Fortuner, Etios, Vios, Limo, Yaris dan Sienta diproduksi di Pabrik Karawang 1 dan 2. Untuk mesin, TMMIN memproduksi 2 tipe yaitu NR yang diproduksi di pabrik baru Karawang 3 serta mesin TR yang diproduksi di pabrik Sunter 1 dan 2. ?

Managemen produksi di TMMIN tidak lepas dari kemampuan sumber daya manusia didalamnya. Di setiap fasilitas manufaktur, TMMIN juga membuka fasilitas pelatihan Toyota Learning Centre yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan TMMIN mengenai Toyota Production System (TPS). TMMIN juga membuka sebuah akademi manufaktur otomotif yang dinamakan Toyota Indonesia Akademi (TIA) dimana lulusannya akan diberikan sertifikasi manufaktur otomotif.

?Melalui semangat We Make People Before We Make Product, kami selalu berupaya untuk melalukan pengembangan SDM berstandar kualitas global yang tentunya akan menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dan semoga dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan daya saing industri di Indonesia,? tutup Bob Azam, Direktur Administrasi TMMIN.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: