Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Dunia Optimis Ekonomi RI 2017 Tumbuh Tinggi

Bank Dunia Optimis Ekonomi RI 2017 Tumbuh Tinggi Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Dunia (World Bank) optimis ekonomi Indonesia tahun depan akan lebih baik dibandingkan tahun ini. Bahkan, lembaga keuangan global itu memproyeksi pada 2017 ekonomi bisa tumbuh 5,3%. Salah satu pemacu utama optimisme adalah pencapaian program pengampunan pajak (tax amnesty) periode pertama yang mencapai Rp93,4 triliun atau 56,6% dari target hingga akhir program tax amnesty di Maret 2017.

"Penerimaan program amnesti pajak yang lebih besar dari perkiraan awal telah membantu mengurangi risiko fiskal begitu juga dengan beberapa penyesuaian belanja pemerintah. Penerimaan tambahan ini diharapkan dapat menambah belanja modal sehingga membawa dampak positif bagi pertumbuhan. Jadi, saya rasa ini tanda baik bagi ekonomi Indonesia di 2017," kata Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves saat menyampaikan laporan kuartalan Oktober 2016 di Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Selain itu, Bank Dunia juga memuji langkah pemerintah Indonesia dalam hal perbaikan tata kelola fiskal, kebijakan publik yang lebih kuat, serta reformasi struktural yang kini mulai berdampak positif.

"Risiko-risiko fiskal domestik telah berkurang berkat penyesuaian anggaran 2017 yang belum lama diumumkan juga draf anggaran 2017 yang lebih mungkin dicapai. Indonesia akan kuat pada akhir tahun ini dan akan datang. Kami sangat senang sekali. Jadi kebijakan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula," pungkas Rodrigo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: