Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menperin: Sentra Pangan Tumbuh Terbesar dalam IKM

Menperin: Sentra Pangan Tumbuh Terbesar dalam IKM Kredit Foto: Agus Aryanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan sentra pangan menjadi Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang terbesar pertumbuhannya pada dua tahun terakhir.

"Ada yang berupa pangan 40 persen, memang paling besar di pangan. Kemudian berbasis kepada sandang, kemudian berbasis kepada kimia dan bahan baku," kata Airlangga saat konferensi pers Dua Tahun Kerja Nyata Jokowi-JK yang diselenggarakan Kementerian Kominfo bersama Kantor Staf Presiden di Gedung Bina Graha, Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta pada Selasa (25/10/2016).

Menurut Airlangga, sentra lainnya yang juga menyumbang pertumbuhan pada IKM yaitu sentra furniture dan industri berbasis logam serta elektronika.

Data Kementerian Perindustrian mencatat IKM pada sentra pangan sebanyak 2.985 usaha sedangkan IKM pada sentra bangunan dan kerajinan tercatat sebanyak 1.698 usaha.

Sementara itu, IKM pada bidang sandang dicatat kementerian sebanyak 1.150 usaha.

Airlangga menjelaskan pada periode 2015-2016, Kementerian telah membina sebanyak 12.687 calon wirausaha baru untuk mendukung pertumbuhan industri kecil di masyarakat.

Menteri juga menjelaskan perkembangan unit usaha IKM pada 2014 hingga 2015 terjadi peningkatan 4,70% menjadi sekitar 3,68 juta unit pada tahun lalu.

Sebelumnya, Airlangga juga mengajak asosiasi pengusaha menjadi mitra aktif pemerintah untuk menumbuhkan sektor industri kecil dan menengah.

Menperin menargetkan wirausaha baru dapat tumbuh sebanyak 9.000 hingga pada 2021 guna mendorong ekonomi yang secara Indonesia sentris.

Langkah tersebut juga menjadi salah satu upaya strategis meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan pemerataan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia.

Apabila langkah sinergi dapat berjalan lancar, maka terjadi percepatan pertumbuhan populasi wirausaha baru untuk industri kecil sebanyak 20.000 dan industri menengah sekitar 4.500 unit dengan rasio penyebaran di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa 60 berbanding 40. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: