Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenhub Buat Proyek Percontohan Berantas Pungli Jembatan Timbang

Kemenhub Buat Proyek Percontohan Berantas Pungli Jembatan Timbang Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Perhubungan akan membuat proyek percontohan (pilot project) untuk memberantas pungutan liar di jembatan timbang yang dinilai sudah mengakar dan sulit diatasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai diskusi yang bertajuk "Memberantas Pungutan Liar Jembatan Timbang" di Jakarta, Selasa (25/10/2016) mengatakan proyek percontohan tersebut akan dilakukan di tiga tempat, yaitu di Pulau Sumatera, Jawa dan Sulawesi.

Budi menjelaskan proyek percontohan tersebut akan menerapkan sistem yang baru dengan teknologi informasi, juga dimungkinkan akan melibatkan pihak ketiga untuk menjamin transparansi dan praktik yang betul-betul bersih.

"Tempatnya masih di jembatan timbang, tetapi dengan orang yang baru, sistem yang baru, pengontrolan yang baru karena kita butuh 'pilot project' ini untuk tahu sistem apa yang sesuai," katanya.

Budi mengatakan proyek percontohan tersebut akan dicoba dua hingga tiga minggu ke depan, paling lama satu bulan, setelah itu baru menyusun aturan baru dari DPR.

Terkait pelibatan pihak ketiga, lanjut dia, akan dibicarakan terlebih dahulu dengan DPR karena menyangkut anggaran serta mekanisme yang baru.

"SDM bisa kita lakukan sendiri, bisa dengan pihak ketiga nanti kita bicarakan dengan DPR," katanya.

Dia mengatakan saat ini masih memberikan kesempatan kepada sejumlah daerah untuk mengelola jembatan timbang hingga 1 Januari 2017 karena beberapa pihak pemda masih berikeras tidak mau menyerahkan ke pemerintah pusat pada 1 Oktober lalu ssuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

"Pada dasarnya sudah mau memberikan tapi banyak yang menolak lagi, karena satu tempat tertentu dikatakan hebat pun akan dikomplain oleh daerah lain, artinya IT (informasi teknologi bukan segalanya, yang penting orangnya," katanya.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, terdapat 140 jembatan timbang di seluruh Indonesia yang seharusnya diserahkan ke pemerintah pusat.

Karena itu, menurut Budi permasalahan pungli jembatan timbang adalah masalah moral, sehingga harus dicarikan pemecahan yang sistemik, karena itu dibuatlah proyek percontohan.

"Jembatan timbang sendiri mungkin mikro, tapi yang terjadi di sini merupakan masalah moral yang luar biasa, sehingga tidak dapat diselesaikan dengan cara sederhana, untuk itu kita meminta pendapat dari berbagai pihak regulasi apa saja yang kita laksanakan, landasan hukum serta penyelesaiannya," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi V DPR Fary Djemi Francis mengaku sudah sepakat dalam pembuatan proyek percontohan tersebut.

"Kita akan duduk bersama untuk mencari 'pointer-pointer' mana yang akan menguatkan serta aturan-aturan di kemenhub, kita sebagai mitra kerja Kemenhub akan mengawal itu," katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku optimistis jika proyek percontohan tersebut berhasil akan mengubah perekonomian menjadi lebih baik.

"Saya super optimis, ada harapan baru, ekonomi biaya tidak tinggi, kami bisa melayani pengusaha dengan baik, keamanan di jalan juga baik," katanya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah untuk melaporkan praktik pungli, pasalnya Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang akan dijadikan proyek percontohan tersebut.

"Saya bereskan hari itu juga, karena ini kerusakan moral, bukan cuma soal pengangkut, pengusaha, juga petugas kita, ini akan mempunyai efek yang nyata," katanya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: