Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Area Sumba Masih Kekurangan Daya Listrik

PLN Area Sumba Masih Kekurangan Daya Listrik Kredit Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Warta Ekonomi, Sumbawa Barat, -

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Sumba menyatakan masih kekurangan daya listrik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang ada di empat kabupaten yaitu Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya.

"Sampai dengan hari ini kebutuhan pelanggan 6,3 MW, sedangkan kemampuan kami hanya 6,2 MW. Kebanyakan pelanggan berada di Kabupaten Sumba Timur," kata Asisten Manajer Pelayanan dan Administrasi PLN Area Sumba Risan Dananjaya di Waingapu, Sumba Timur, Rabu (26/10/2016).

Risan mengakui masih banyak wilayah yang belum bisa terhubung dengan jaringan listrik PLN karena beberapa kecamatan masih terisolasi. Namun, secara kebutuhan, beberapa wilayah tersebut relatif kecil.

Asisten Manajer Pembangkitan PLN Area Sumba Fauzi Abubakar mengatakan kebanyakan pembangkit listrik yang dimiliki PLN di Sumba menggunakan mesin diesel yang berbahan bakar solar.

"Penggunaan energi baru terbarukan baru sekitar tiga persen. Kendala yang kami hadapi di sini adalah debit air yang rendah karena merupakan daerah kering sehingga cukup sulit membangun pembangkit listrik tenaga air," tuturnya.

Namun Fauzi mengatakan, pihaknya sudah merencanakan pembangunan sejumlah pembangkit listrik menggunakan energi baru terbarukan baik berupa gas, mikro hidro maupun biomassa.

PLN Area Sumba saat ini melayani 53.172 pelanggan dengan perincian 25.651 di Sumba Timur, 13.194 di Sumba Barat dan Sumba Tengah serta 14.327 di Sumba Barat Daya.

Terdapat sekitar 250 calon pelanggan yang saat ini masih dalam daftar tunggu. Setiap tahun, pertumbuhan pelanggan PLN Area Sumba sekitar delapan persen. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: