Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemprov Sulut Sebut Wirausaha Muda Bantu Ekonomi Daerah

Pemprov Sulut Sebut Wirausaha Muda Bantu Ekonomi Daerah Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Manado -

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Sanny Parengkuan mengatakan, wirausaha muda berpotensi dalam menggerakkan perekonomian di daerah tersebut.

Untuk mengawali suatu wirausaha bagi pemula dituntut memiliki keberanian, hal ini penting untuk menentukan keberhasilan daerah ke depan, kata Sanny saat Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Peran Wirausaha Muda dalam Menggerakkan Perekonomian Daerah" di Balai Wartawan, Rabu (26/10/2016).

"Perhitungan yang tepat memang diperlukan, tetapi yang menjadi penghalangnya ketika terlalu banyak pertimbangan," katanya.

Karena itu, katanya, untuk menjadi wirausaha muda yang berhasil harus pintar memanfaatkan peluang, cepat berpikir dan cermat dalam perhitungan.

Commercial Banking Manager Mandiri Wilayah Manado Cosmas Simbolon mengatakan saat ini pemerintah tengah menggenjot peningkatan wirausaha muda yang jumlahnya masih jauh dari ekspektasi, yakni dua persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

"Saat ini jumlah wirausaha muda yang tercatat baru mencapai 1,2 persen, karena itu Bank Mandiri sangat mendukung program ini," katanya.

Dia menambahkan keberadaan pengusaha muda memiliki potensi sebagai generasi penerus yang penuh inovasi dan kreatifitas.

"Sejak 2007 Bank Mandiri telah membina calon wirausaha muda supaya mandiri dan mengembangkan usahanya. Dan sampai saat ini ada 25 ribu pengusaha muda yang dibina melalui program workshop, program pemasaran coaching clinic dan pembiayaan," tukasnya.

Khusus kepada mahasiswa yang ikut FGD, Simbolon menjelaskan bahwa untuk 2016 ini, Bank Mandiri akan menjaring 8 ribu pengusaha. Dan pendaftaran telah dibuka sejak 14 September 2016.

"Ini ditujukan pada para mahasiswa, buatlah usaha yang kreatif, bukan yang sudah ada. Selanjutnya akan dididik dan dibiayai pengembangan usahanya, ujarnya.

Ketua PWI Sulut Foke Lontaan dan moderator Armin Madika yang adalah Redaktur Pelaksana Harian lokal di Manado berharap melalui FGD akan menghasilkan calon-calon wirausaha muda yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: