Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penjualan iPhone Alami Penurunan selama Tiga Bulan Berturut-turut

Oleh: ,

Penjualan iPhone Alami Penurunan selama Tiga Bulan Berturut-turut Kredit Foto: Arif Hatta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Raksasa teknologi Apple melaporkan penjualan iPhone yang mengalami penurunan selama tiga kuartal berturut-turut, namun masih mengalahkan estimasi analis.

Mengutip BBC di Jakarta, Kamis (27/10/2016), penjualan perangkat iPhone mencapai 45,51 juta unit dalam tiga bulan yang berakhir pada 24 September. Angka tersebut berada di atas ekspektasi analis yang memperkirakan penjualan iPhone mencapai 44,8 juta unit.

Apple juga memprediksi peningkatan pendapatan selama masa liburan mencapai sekitar US$76 miliar hingga US$78 miliar. Namun pendapatan pada kuartal ini mengalami penurunan sembilan persen menjadi US$46,85 miliar. Ini berarti, pendapatan Apple turun untuk pertama kalinya sejak tahun 2001.

Penurunan tersebut menyoroti perlambatan di pasar smartphone serta semakin intensifnya persaingan, khususnya dengan pesaing dari China.

Direksi Apple menyatakan permintaan produk smartphone baru iPhone 7 cenderung kuat, meski pendapatan mengalami penurunan di China dan Amerika, dua pasar utama Apple. Pendapatan dari China daratan anjlok 30 persen setelah turun 33 persen pada kuartal sebelumnya. Padahal, pada periode yang sama tahun sebelumnya, pendapatan dari China meningkat dua kali lipat.

Pendapatan bersih turun menjadi US$ 9,01 miliar dibandingkan US$ 11 miliar pada kuartal yang sama tahun lalu. Sepanjang tahun 2016, pendapatan bersih turun menjadi US$ 45,7 miliar dari US$ 53,4 miliar.

Direktur Keuangan Apple Luca Maestri mengatakan tidak mungkin untuk mengetahui apakah sudah ada dampak dari penghentian produksi Samsung Galaxy Note pada awal bulan ini.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: