Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Bakal Punya Satelit Multifungsi

Indonesia Bakal Punya Satelit Multifungsi Kredit Foto: Leli Nurhidayah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kebutuhan Indonesia akan satelit masih sangat besar. Luasnya wilayah dan beragam kondisi geografis Indonesia menjadi alasan belum meratanya koneksi di berbagai daerah. Hal ini turut mendorong pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail Akhmad menuturkan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan pembangunan satelit multifungsi.

"Kita sedang mencari filing yang cocok untuk satelit multifungsi itu, filing yang khusus untuk kebutuhan pemerintah, bukan komersil," katanya di Jakarta, Kamis (27/10/2016).

Namun, Ismail menegaskan rencana pembangunan satelit multifungsi tersebut masih dalam tahap pertimbangan. "Semua masih dalam tahap pertimbangan, tugas kami SDPPI melakukan analisis fungsi satelit multifungsi," katanya.

Selain membantu koneksi untuk masyarakat, imbuhnya, satelit multifungsi ini juga akan dimanfaatkan oleh kementerian lain.

"Misalnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan di seluruh Indonesia ini perlu koneksi dengan nelayan. Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, untuk membantu titik-titik potensi kebakaran hutan makanya disebut multifungsi, fungsi-fungsi pemerintahan," jelasnya.

Ismail belum dapat menargetkan kapan satelit multifungsi akan diluncurkan. Di tahun 2017, SDPPI masih akan menentukan filing satelit mengingat perancangan satelit membutuhkan 2-3 tahun.

"Tahunnya belum ada yang pasti, di kabinet ini berakhir kita berharap sudah bisa diluncurkan," pungkasnya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Leli Nurhidayah
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: