Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sri Mulyani: APBN 2017 Sudah Antisipasi Gejolak Global

Sri Mulyani: APBN 2017 Sudah Antisipasi Gejolak Global Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2017 menjadi Undang-Undang APBN 2017.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan APBN tahun 2017 disusun dengan mencermati dan mengantisipasi kondisi perekonomian global yang masih mengalami pelemahan dan risiko gejolak geopolitik.

"APBN ditujukan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5% dengan melindungi komponen-komponen sumber pertumbuhan dalam negeri agar tidak mengalami tambahan tekanan dari pelemahan global, khususnya dari perdagangan internasional dan komoditas serta gejala geopolitik maupun geo-ekonomi. Jadi, menggunakan APBN kita untuk melindungi dari gejolak itu sehingga tidak memperlemah," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (27/10/2016).

Di APBN 2017 angka pertumbuhan ekonomi ditetapkan sebesar 5,1% atau turun 0,2% dibanding target yang diusulkan pemerintah dalam nota keuangan sebesar 5,3%. Tingkat inflasi tetap di angka 4%. Begitu juga dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat tetap di angka Rp13.300. Suku bunga SPN 3 bulan rata-rata dipatok di angka 5,3%.

Sedangkan target lifting minyak ditetapkan lebih tinggi 35 ribu barel per hari dari sebelumnya 708 ribu barel menjadi 815 ribu barel per hari. Lifting gas tetap sebesar 1,15 juta barel setara minyak per hari.

Demikian juga dengan harga minyak dunia tetap di angka US$45. Sementara pendapatan negara ditetapkan sebesar Rp1.750,3 triliun dan belanja negara Rp2.080,5 triliun. Defisit dipatok sebesar 2,4% terhadap PDB atau senilai Rp330,2 triliun.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: