Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemprov Papua Berkoordinasi Cegah Hama Kelapa Sawit

Pemprov Papua Berkoordinasi Cegah Hama Kelapa Sawit Kredit Foto: Muhamad Ihsan
Warta Ekonomi, Jayapura -

Pemerintah Provinsi Papua bersama Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura melakukan koordinasi terkait pencegahan berkembangnya hama pada tanaman kelapa sawit di wilayah tersebut.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty di Jayapura, Kamis (27/10/2016), mengatakan koordinasi ini sangat penting untuk penanganan di bandara udara, pelabuhan laut dan di perbatasan negara.

"Hal ini perlu disinkronisasikan, perlu adanya persamaan persepsi yang sama khusus dalam penanganan pencegahan hama penyakit pada komoditas ini," katanya.

Menurut Elia, apalagi pihaknya bersama dengan Pemerintah Papua Nugini (PNG) berencana untuk bekerjasama dalam pengolahan produksi kelapa sawit.

"PNG akan mengirim bahan baku kelapa sawit ke Papua untuk nantinya diproduksi menjadi minyak dan lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, hal ini yang perlu dikoordinasikan bersama instansi dan lembaga terkait supaya mekanismenya nanti sebelum dibawa masuk ke Papua diharapkan bisa dikarantina terlebih dahulu.

"Sebab penyakit ini sangat berbahaya bagi tanaman kelapa sawit. Papua memiliki lahan yang sangat potensial untuk pertanian dan perkebunan," katanya.

Dia menambahkan, di Papua baru mulai berkembang sekitar 820 ribu hektare. Karena itu perusahaan harus bisa memastikan ini secara jelas di masyarakat. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: