Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Omoco Mulai Ekspansi ke Indonesia

Omoco Mulai Ekspansi ke Indonesia Kredit Foto: Leli Nurhidayah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Omoco, solusi jaringan dari Micro Telecom Mobile divisi Shyam VNL mulai perkenalkan kehadirannya di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia menghadapi banyak tantangan dengan jumlah pulau yang banyak, diantaranya kesenjangan digital, yang ditandai dengan akses yang tidak merata, kesenjangan keahlian, dan kurangnya infrastruktur.

Melihat berbagai tantangan tersebut, Omoco hadir untuk membantu para pemangku kepentingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Indonesia, dalam memberdayakan wilayah pedalaman dan terpencil. Omoco juga ingin turut andil dalam meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Kesenjangan digital di berbagai wilayah, individu dan dunia usaha, terlihat dari konektivitas internet yang baru bisa dinikmati penduduk yang tinggal di belahan barat Indonesia (pulau-pulau Jawa, Sumatera, Bali). Sementara jutaan orang di belahan timur memiliki kesulitan bahkan untuk akses mendasar seperti komunikasi suara.

Analisa dari World Economic Forum menunjukkan bahwa TIK bisa memainkan peran penting dalam meningkatkan dan memperkuat perkembangan sosial ekonomi sebuah negara. Riset yang dilakukan oleh International Telecommunications Union juga menunjukkan bahwa untuk setiap peningkatan 10% dalam penetrasi pita lebar, pertumbuhan GDP akan bertambah antara 1,21% hingga 1,38%.

National Association of Software and Services Companies (NASSCOM) dalam risetnya juga mengumumkan bahwa sektor TIK yang kuat tidak hanya menciptakan lapangan pekerjaan dan keahlian di industri TIK, tapi juga memberikan pengaruh sosial ekonomi yang positif dalam menciptakan lapangan pekerjaan di sektor lain. Rasionya, satu pekerjaan TIK baru menghasilkan tiga pekerjaan baru di sektor lain.

Director Business Development, SEA & Oceania, Omoco, Karun Kapil, menuturkan bahwa Omoco? menyadari batasan-batasan yang saat ini dialami masyarakat Indonesia di wilayah pedalaman dan terpencil, dalam memiliki infrastruktur Teknologi Infomasi dan Komunikasi yang handal.

"Kami siap untuk berdiskusi dengan para pemangku kepentingan, khususnya di industri TIK, untuk secara signifikan memberikan kontribusi bagi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) negara ini," katanya.

Omoco menawarkan berbagai solusi yang mudah digunakan, termasuk perangkat keras dan lunak yang memungkinkan pengguna untuk membangun jaringan GSM/EDGE bagi berbagai komunitas dan perusahaan tanpa bantuan profesional.

Berpusat di India, Omoco mengandalkan rekayasa kelas dunia, dengan pengalaman luas dalam menciptakan berbagai solusi nirkabel inovatif, yang diberdayakan oleh Vihaan Networks Ltd. (VNL).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Leli Nurhidayah
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: