Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemen LHK Jamin Fasilitasi Produk Olahan Hutan, Asalkan Legal

Kemen LHK Jamin Fasilitasi Produk Olahan Hutan, Asalkan Legal Kredit Foto: Muhamad Ihsan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK) menggelar kegiatan pameran Pesona Mart?(Perhutanan Sosial Nusantara) di Gedung Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta. Acara ini merupakan ajang untuk memamerkan produk-produk hasil olahan hutan organik dan kerajinan masyarakat yang difasilitasi oleh kementerian yang dipimpin oleh Siti Nurbaya tersebut.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengabarkan kepada dunia bahwa masyarakat kita mampu mengelola hutan asal dikasih akses yang legal," kata Sekjen Kemen LHK Bambang Daryanto di Jakarta, Jumat (28/10/2016).

Dia menambahkan pihaknya pasti memfasilitasi produk olahan hutan dari masyarakat untuk dipasarkan ke pasaran asal hasil olahan itu tidak menyalahi aturan dan perundangan-undangan.

Sementara itu, Direktur Bina Usaha Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan sekaligus Ketua Pembukaan Pesona Mart Mashud mengatakan Kemen LHK telah membangun dua Hutan Kemasyarakatan (HKM) Mart di Lampung dan di Bojong Gede, Bogor. HKM Mart didirikan untuk mengapresiasi kelompok usaha perhutanan sosial.

"Pemasaran produk yang dilakukan tidak hanya melalui toko, tapi juga melalui online," kata Mashud.

Dia menambahkan bahwa saat ini Kemen LHK telah memiliki katalog baik penjual maupun pembeli yang berminat terhadap produk hasil hutan masyarakat. Kata dia, setidaknya sudah ada 80-an jenis produk yang dijual di Pesona Mart?yang berasal dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Rencananya Kemen LHK akan membangun Pesona Mart di semua provinsi di Indonesia.

"Kami memang menyediakan produk-produk yang bisa dikonsumsi karyawan dan karyawati Kemen LHK serta masyarakat luas," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: