Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Trump Siap Tinggalkan Kerajaan Bisnisnya

Trump Siap Tinggalkan Kerajaan Bisnisnya Kredit Foto: Reuters/Yuri Gripas
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump, mengumumkan akan meninggalkan kerajaan bisnisnya secara total untuk memusatkan perhatian pada tugasnya sebagai presiden. Langkah tersebut diambil untuk menghindari konflik kepentingan yang sebelumnya telah dikhawatirkan oleh berbagai pihak.?

Pernyataan tersebut diumumkan melalui akun Twitter pribadinya.?Trump tak memberikan banyak rincian namun ia akan menggelar konferensi pers bulan depan terkait rencana kepergian dirinya dari dunia bisnis yang telah membesarkan namanya?

"Saya akan mengadakan konferensi pers di New York City dengan anak-anak saya pada 15 Desember, membahas fakta bahwa saya akan meninggalkan bisnis saya yang besar dalam rangka untuk fokus sepenuhnya dalam menjalankan pemerintahan guna membuat Amerika besar lagi," tulis Trump dalam akun twitternya, seperti dikutip dari laman?BBC?di Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Menurut Trump, tidak ada persayaratan hukum untuk melikuidasi aset-asetnya. Namun sebagai presiden, Trump memutuskan untuk menunggalkan dunia bisnis yang dianggap bisa menyebabkan kegagalan dalam menjalani tugas kepresidenan.

"Karena itu, dokumen-dokumen hukum sedang dibuat yang membawa saya benar-benar keluar dari operasi bisnis. Menjadi Presiden adalah tugas yang jauh lebih penting," tegas dia.

Majalah Forbes memperkirakan taipan properti tersebut memiliki kekayaan sebesar US$ 3,7 miliar dengan lebih dari 500 perusahaan dalam kerajaan bisnisnya.

Dalam wawancara dengan koran New York Times beberapa waktu lalu, presiden yang akan resmi menjabat pada 20 Januari mendatang tersebut mengatakan sedang mempertimbangkan untuk memisahkan dua tanggung jawabnya yakni bisnis dan kepresidenan, namun sejatinya ia yakin bisa menjalankan keduanya 'dengan sempurna'.

Trump juga pernah menyatakan mungkin akan menyerahkan bisnis kepada ketiga anaknya yang dewasa yakni Ivanka, Eric, dan Donald Jr, yang saat ini memang sudah memegang jabatan dalam kerajaan bisnis Trump.

Sementara itu mantan eksekutif perusahaan keuangan Goldman Sachs, Steven Munchin, sudah mengkonfirmasi bahwa ia ditunjuk sebagai Menteri Keuangan sedangkan miliuner Wilbur Ross menjabat sebagai Menteri Perdagangan. ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ??

Donald Trump memenangkan Pemilu Presiden AS pada 9 November. dengan perolehan 276 electoral?vote. Setiap capres memerlukan angka 270 untuk memenangkan Pilpres AS.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gregor Samsa
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: