Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Salut, Timnas Indonesia Bikin Kejutan Lolos ke Final Piala AFF

Salut, Timnas Indonesia Bikin Kejutan Lolos ke Final Piala AFF Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Timnas Indonesia membuat kejutan dengan lolos ke final Piala AFF 2016 setelah mengalahkan Vietnam pada babak semifinal dengan sistem home away dengan agregat 4-3 meski pada awalnya timnas tidak diperhitungkan.

Kemenangan Timnas Garuda ditentukan saat menahan imbang tuan rumah Vietnam pada pertandingan semifinal kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Rabu (7/12/2016).

Pada pertandingan mendebarkan ini, anak asuh Alfred Riedl ini mengakhiri pertandingan dengan skor 2-2.

Berdasarkan data yang dipantau dari media sosial resmi AFF yang dipantau dari Jakarta, Indonesia mampu unggul terlebih dulu melalui Stefano Lilipaly pada menit 54. Hanya saja, tuan rumah mampu menyamakan kedudukan melalui Vu Van Thanh pada menit 82 meski saat itu sudah bermain 10 orang.

Posisi sama kuat 1-1 membuat permainan kembali ketat. Vietnam yang mengejar kemenangan terus menekan. Hasilnya Vu Minh Tuan mampu membawa tuan rumah unggul 2-1 pada masa perpanjangan waktu. Kondisi ini membuat pertandingan harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Gol pemain dengan nomor punggung enam ini membuat ribuan penonton yang memadai stadion gemuruh karena hanya butuh satu gol lagi agar Vietnam mampu lolos ke final kejuaraan dua tahunan ini. Hanya saja, tim tuan rumah kurang beruntung.

Berawal pelanggaran dari sang penjaga gawang pengganti Que Ngoc Hai kepada Ferdinand Sinaga, sang wasit Fu Ming menunjuk titik putih. Manahati Lestusen yang dipercaya menjadi algojo sukses menjebol gawang Vietnam sehingga membawa kedudukan menjadi 2-2 atau agregat 4-3 pada menit 104.

Mampu menyamakan kedudukan, timnas Garuda tetap berusaha untuk menambah jumlah gol. Sebenarnya Indonesia mendapatkan peluang setelah penjaga gawang Vietnam kembali melakukan pelanggaran. Hanya saja hukuman pinalti untuk Indonesia dianulir setelah wasit asal China itu melakukan konsultasi dengan asisten wasit.

Mendekati akhir pertandingan, Vietnam lebih menekan. Hanya saja upaya yang dilakukan tidak membuahkan hasil. Setelah pertandingan selesai terlihat jelas perbedaan pemain. Indonesia bersuka cita di kandang lawan, sedangkan Vietnam tertunduk lesu dihadapan pendukungnya sendiri.

"Ini ada sebuah prestasi. Sebelumnya kita ini diremehkan. Namun, kenyataannya kita mampu. Perjuangan kita belum selesai. Masih ada pertandingan final yang harus dijalani," kata Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Gatot S Dewa Broto di sela nonton bareng di Halaman Kemenpora Jakarta.

Gatot menambahkan dengan hasil ini diharapkan sebagai pemacu untuk lebih baik lagi. Apalagi Indonesia sudah haus gelar setelah sebelumnya hanya mampu menjadi runner up pada turnamen yang sebelumnya bernama Piala Tiger ini pada 2010.

"Sebagai apresiasi, kami berencana menjemput langsung timnas," kata pria yang juga Kepala Komunikasi Publik Kemenpora itu.

Setelah memastikan diri lolos ke final, Indonesia masih menunggu lawan antara Thailand dan Myanmar. Jika dilihat dari hasil pertandingan pertama, Thailand lebih berpeluang lolos ke final setelah di Myanmar mampu mengalahkan tuan rumah dengan skor 2-0.

Berikut perjalanan timnas hingga lolos ke final Piala AFF 2016.

Hasil pertandingan kualifikasi Grup A di Manila, Filipina Indonesia vs Thailand (2-4) Indonesia vs Filipina (2-2) Indonesia vs Singapura (2-1) Pertandingan semifinal (home away) Indonesia vs Vietnam (2-1) di Stadion Pakansari Cibinong Indonesia vs Vietnam (2-2) di Stadion My Dinh Hanoi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: