Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia dan Suriname Tingkatkan Kerja Sama Bilateral

Indonesia dan Suriname Tingkatkan Kerja Sama Bilateral Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pertemuan Indonesia dan Suriname membahas persiapan?Joint Commission?dan?Political Consultation?yang rencananya akan dilaksanakan Februari tahun depan,?demikian kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi ketika bertemu dengan Menteri Luar Negeri Suriname, Niermala Badrising pada tanggal 7 Desember 2016 di Bali.

Isu-isu dan kerja sama yang akan dibahas kedua negara pada Joint Commission dan Political Consultation Indonesia ? Suriname antara lain kerja sama antar Kementerian Luar Negeri untuk pelatihan diplomat, kerja sama pariwisata, perkebunan kelapa sawit, kerja sama infrastruktur, dan penanggulangan bencana.

Menlu Suriname juga menyatakan harapannya untuk dapat belajar dari Indonesia khususnya dalam pelatihan diplomat tingkat pertama, muda, dan madya. ?Indonesia memiliki keahlian yang besar dalam bidang-bidang tersebut dan Suriname sangat ingin sekali belajar dan bekerja sama dengan Indonesia? kata Menlu Suriname, sebagaimana dikutip siaran pers Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Suriname merupakan salah satu pasar potensial yang cukup besar bagi Indonesia dan juga pintu masuk perdagangan Indonesia ke negara-negara di kawasan. Pada tahun 2015, nilai perdagangan bilateral kedua negara sejumlah US$ 7,54 juta. Hingga November 2016, jumlah WNI di Suriname ada 600 orang.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gregor Samsa
Editor: Rahmat Patutie

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: