Portal Berita Ekonomi Kamis, 25 Mei 2017

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Executive Brief
  • 08:01 WIB. London - Benchmark Brent crude oil was down 22 cents a barrel at $53.93 by 2:36 p.m. ET (1836 GMT) on Wednesday (24/5).
  • 08:00 WIB. New York - U.S. light crude oil ended Wednesday (24/5)'s session 11 cents lower at $51.36.
  • 07:59 WIB. New York - The broader S&P 500 gained 0.3 per cent, reaching 2,404.39 on Wednesday (24/5).
  • 07:57 WIB. New York - The tech-heavy Nasdaq added 0.4 per cent, rising to 6,163.02 on Wednesday (24/5).
  • 07:56 WIB. New York - The blue-chip Dow Jones Industrial Average added 0.4 per cent, rising to 21,012.42 on Wednesday (24/5).
  • 07:45 WIB. Supreme Energy - Supreme Energy memulai pengeboran perdana sumur eksploitasi di Muara Laboh.
  • 07:31 WIB. Catalunya - Marc Marquez menjadi yang tercepat dalam tes private di Catalunya.
  • 07:26 WIB. Freeport - Karyawan Freeport yang terkena PHK mendapatkan kompensasi sebesar Rp2 miliar.
  • 07:22 WIB. Jakarta - Ketua KADIN Rosan Perkasa Roslani jadi presiden komisaris Visi Media Asia Tbk.
  • 07:19 WIB. Prancis - Del Potro akan absen dari turnamen Prancis Terbuka akibat cedera.
  • 07:18 WIB. E-Money - Bank Indonesia mengupayakan agar integrasi pembayaran dengan uang elektronik bisa diterapkan saat mudik Lebaran tahun ini.
  • 07:16 WIB. Bom Bunuh Diri - Polisi: Total korban 11 orang, 2 meninggal di tempat yakni polisi dan pelaku bom bunuh diri.
  • 07:11 WIB. Washington - Trump minta Netanyahu dan Abbas berkompromi untuk perdamaian.
  • 07:05 WIB. Impor - Importir dan pedagang ban mengeluh pasokan yang terbatas karena pembatasan impor.
  • 07:01 WIB. Manchester - Britain, Libya make terror arrests after Manchester attack.

Kolom Yuswohady: Zero to One

Foto Berita Kolom Yuswohady: Zero to One

WE Online, Jakarta- Peter Thiel, pendiri PayPal, membagi inovasi menjadi dua macam: “zero to one” dan “one to one”. Yang pertama menghasilkan sesuatu yang sama sekali baru, sesuatu yang fresh karena belum pernah ada sebelumnya. Sementara yang kedua memperbaiki sesuatu yang telah ada. Inovasi “zero to one” tentu saja jauh lebih rumit, karena tak ada satu pun orang yang pernah melakukannya.

Untuk mewujudkan inovasi “zero to one”, kita tak memiliki teori, formula, ataupun panduan yang bisa diikuti. Semuanya serba gelap, tak berpola, dan sarat ketidakpastian. Ini berbeda dengan inovasi “one to one”, di  mana kita cukup meniru atau menyempurnakan sesuatu yang telah ada.

Inovasi “zero to one” memang pekat dengan ketidakpastian sehingga sulit mewujudkannya. Namun, di balik kesulitan tersebut, ia menawarkan berbagai kemewahan. Ia menghasilkan pertumbuhan eksponensial yang luar biasa. eBay, Google, Facebook, atau YouTube mengalami pertumbuhan eksponensial yang tak tertandingi oleh perusahaan-perusahaan yang telah mapan sebelumnya. Dalam waktu kurang dari 10 tahun, nilai pasar mereka telah mengungguli raksasa-raksasa yang telah berusia ratusan tahun macam GE atau Coca-Cola.

Tak hanya itu, inovator “zero to one” umumnya juga memonopoli pasar. Tak ada pesaing kedua atau ketiga yang mampu menandingi mereka. Google, PayPal, atau Amazon menjadi standar dan mendominasi seluruh industri. Layaknya mesin vacuum cleaner, seluruh pasar terisap oleh mereka. Mereka menjadi the first mover sekaligus the last mover di industri yang mereka masuki. Ujar Thiel, “They become creative monopolists that give customers more choices by adding entirely new categories of abundance to the world.” 

Inovasi “zero to one” juga menghasilkan produktivitas yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Ia menciptakan apa yang disebut Thiel: “perbaikan 10 kali”. Ketika Amazon muncul, ia bisa men-display buku berlipat-lipat lebih banyak dari toko buku mana pun di dunia. Ketika Wikipedia muncul, ia bisa menampung artikel berlipat-lipat lebih banyak dari Ensiklopedia Britannica. Ketika iPod muncul, ia mampu menampung lagu berlipat-lipat lebih banyak dari pemutar musik tradisional sebelumnya.

Namun, di balik produktivitas luar biasa tersebut, tak jarang inovasi “zero to one” memakan korban. Ia membawa dampak disruptive layaknya bom nuklir yang memorak-porandakan bangunan industri lama yang sudah obsolete. PC menghancurkan mesin ketik. Napster (dan kemudian industri musik digital) menghancurkan industri rekaman. Amazon menghancurkan Barnes&Noble, toko buku terbesar di dunia. Lepas dari penghancuran tanpa ampun tersebut, inovasi “zero to one” telah membuka cakrawala baru. Ia membuka dunia baru yang penuh harapan.

 

Random

Keganjilan inovasi “zero to one” menjadikannya sulit direncanakan dan dikelola. Peter Thiel yang berpengalaman puluhan tahun menyukseskan PayPal, Facebook, LinkedIn, SpaceX, hingga AirBnB pun tak mampu memetakannya. Ketika kita bicara inovasi “zero to one” maka formula sukses itu tak ada, karena polanya tak menentu dan penuh ketidakpastian. Formula sukses yang baku tak akan bakal kita temukan karena setiap inovasi selalu baru dan unik. Dan, tak satu pun pakar yang bisa merumuskan panduan bagaimana mencipta inovasi “zero to one”.

Keganjilan ini mengharuskan kita melihat masa depan sebagai sebuah keacakan (randomness). Kondisi ini memaksa kita untuk memiliki apa yang disebut Thiel, “optimisme tak menentu” (indefinite optimism), di mana kita yakin bahwa masa depan bakal lebih baik, tetapi kita tak tahu sama sekali bagaimana bentuknya. Karena tak tahu, maka kita tak kuasa untuk mendesain dan merencanakannya. Di mata indefinite optimist, masa depan adalah sebuah ketidakjelasan yang tidak bisa dikontrol.

 

Genius Visioner

Dalam kebuntuan ini, para genius visioner kemudian memainkan peran sejarahnya. Inovasi “zero to one” selalu membutuhkan campur tangan para genius macam Edison, Einstein, Turing, atau Jobs yang memiliki imajinasi liar melintas batas. Di tangan merekalah terkuak dunia baru dengan peluang dan harapan baru yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Namun, bagaimana para genius tersebut memecah kebuntuan inovasi “zero to one” tetaplah merupakan rahasia yang tak pernah terungkap. Inovasi selalu baru dan unik.

Pertanyaannya, apakah sebuah organisasi bisa menciptakan iklim, budaya, dan beragam metode menciptakan inovasi “zero to one”? Sama sekali tidak. Mengapa? Karena eksplorasi untuk menciptakan sebuah inovasi “zero to one” bersifat unik. Budaya, iklim, dan metode yang dikembangkan oleh organisasi tersebut bersifat unik, karena itu ia sulit dikopi dan digeneralisasi menjadi sebuah pola baku yang berlaku untuk semua perusahaan. Atau dengan kata lain, formula sukses sebuah inovasi “zero to one” tetap merupakan misteri yang tak kunjung terkuak.

 

Tag: Inovasi, Google, Facebook, YouTube

Penulis: Redaksi

Editor: Arif Hatta

Foto: Dokpri

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,568.99 3,532.31
British Pound GBP 1.00 17,363.10 17,187.93
China Yuan CNY 1.00 1,946.39 1,926.90
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,383.00 13,249.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,993.09 9,886.40
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,718.48 1,701.21
Dolar Singapura SGD 1.00 9,628.75 9,530.97
EURO Spot Rate EUR 1.00 14,975.58 14,824.31
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,110.88 3,077.58
Yen Jepang JPY 100.00 11,972.62 11,849.57

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5703.433 -27.180 547
2 Agriculture 1803.295 5.580 21
3 Mining 1356.603 -5.287 43
4 Basic Industry and Chemicals 616.895 -1.646 66
5 Miscellanous Industry 1474.384 2.946 42
6 Consumer Goods 2533.593 -9.608 40
7 Cons., Property & Real Estate 495.218 -1.255 63
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1137.345 -2.984 59
9 Finance 913.832 -7.630 89
10 Trade & Service 894.989 -8.378 124
No Code Prev Close Change %
1 AGRS 146 195 49 33.56
2 GREN 193 256 63 32.64
3 TALF 302 368 66 21.85
4 DART 324 388 64 19.75
5 FISH 2,700 3,200 500 18.52
6 HDFA 168 198 30 17.86
7 LMSH 640 730 90 14.06
8 YULE 60 68 8 13.33
9 RBMS 108 122 14 12.96
10 UNIT 218 246 28 12.84
No Code Prev Close Change %
1 RODA 208 161 -47 -22.60
2 BMSR 150 119 -31 -20.67
3 ESTI 136 115 -21 -15.44
4 NIPS 476 416 -60 -12.61
5 NAGA 176 155 -21 -11.93
6 LPIN 1,350 1,200 -150 -11.11
7 MDRN 63 57 -6 -9.52
8 CMPP 150 139 -11 -7.33
9 DGIK 112 104 -8 -7.14
10 ALKA 159 148 -11 -6.92
No Code Prev Close Change %
1 BUMI 380 354 -26 -6.84
2 BAPA 141 138 -3 -2.13
3 PBRX 498 496 -2 -0.40
4 PGAS 2,420 2,460 40 1.65
5 TLKM 4,400 4,360 -40 -0.91
6 BNLI 650 665 15 2.31
7 HMSP 3,880 3,870 -10 -0.26
8 BBCA 17,700 17,475 -225 -1.27
9 KREN 426 432 6 1.41
10 DGIK 112 104 -8 -7.14