Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Butuh Tenaga Kerja Unggul Jelang 2020

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Indonesia membutuhkan lebih banyak tenaga kerja unggul menjelang tahun 2020 sehingga berbagai pihak juga diharapkan dapat mendorong upaya mempersiapkan tenaga kerja berkualitas untuk peningkatan produktivitas nasional.

"Trakindo berkomitmen mendukung perwujudan cita-cita generasi muda Indonesia dalam kontribusinya mempersiapkan mereka menjadi tenaga kerja berkualitas," kata Chief Administration Officer (CAO) Trakindo Utama (perusahaan penyedia alat berat) Maria T Kurniawati dalam rilis di Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Menurut dia, revolusi industri yang diprediksi terjadi pada tahun 2020 di Tanah Air menggarisbawahi kebutuhan akan tenaga kerja yang unggul.

Melalui berbagai kegiatan, ujar dia, Trakindo berusaha membentuk generasi muda untuk dapat memiliki keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan pada masa tersebut, seperti kreativitas, kecerdasan emosional, kemampuan memecahkan masalah kompleks, dan pemikiran kritis.

"Kami merasa generasi muda perlu memiliki cita-cita untuk maju, sejak dini. Cita-cita membantu mereka menjadi pribadi yang unggul, juga menumbuhkan sikap pantang menyerah terhadap hambatan," kata Maria.

Dalam mendukung perwujudan cita-cita selain bekal keterampilan, lanjutnya, Trakindo merasakan perlunya penerapan pendidikan berbasis karakter sejak dini.

Hal itu dinilai sejalan dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2019 untuk membentuk insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong-royong.

Upaya berkelanjutan Trakindo untuk meningkatkan kualitas pendidikan berbasis karakter bagi 40 SD Negeri di berbagai lokasi di seluruh Indonesia meliputi renovasi sekolah, pendampingan sekolah, pelatihan guru, dan juga pemberian beasiswa.

"Sejak 2010 hingga saat ini, 500 kelas telah direnovasi dan lebih dari 15.000 siswa serta 1.000 guru telah memperoleh manfaat dari program ini," ucapnya.

Selain pada tingkat dasar, Trakindo juga menerapkan Trakindo Cooperative Program (Coop) bersama-sama dengan 9 SMK dan 6 Politeknik di Indonesia yang ditujukan untuk melahirkan generasi terampil dan berkarakter dalam bidang alat berat secara berkelanjutan.

Sebelumnya, organisasi akuntan Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) melaporkan produktivitas tenaga kerja Indonesia secara substansial mengalami peningkatan yang baik dalam 15 tahun terakhir.

"Produktivitas Indonesia tumbuh mengesankan sebesar 3,8 persen dalam 15 tahun terakhir dan akan berkembang hingga 3,9 persen dalam lima tahun ke depan," kata ICAEW Economic Advisor and Oxford Economics Leads Economist, Prinyanka Kishore dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (12/6).

Hanya dengan dua persen tenaga kerja yang bekerja di sektor industri utama dibandingkan Malaysia dengan 10 persen tenaga kerja, kata dia, Indonesia mempunyai peluang besar untuk meningkatkan produktivitas dengan membuka kesempatan bagi tenaga kerjanya untuk beralih ke sektor-sektor industri utama.

Ia mengatakan tingginya jumlah tabungan rumah tangga juga dapat disebut sebagai salah satu kontribusi meningkatnya produktivitas Indonesia sehubungan dengan pergeseran sektoral tidak dapat terjadi tanpa pasokan keuangan stabil untuk di investasi pada modal fisik maupun modal manusia. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: