Portal Berita Ekonomi Jum'at, 24 Februari 2017

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Executive Brief
  • Raja Arab - Menko Darmin Nasution sambut baik rencana kunjungan Raja Salman ke Indonesia.
  • Cabai - Cabai impor juga beredar di Sumenep.
  • LRT - Ahok optimistis LRT selesai sebelum Asian Games 2018.
  • Nasional - Presiden Jokowi menerima gelar adat kehormatan Maluku, Jumat (24/2).
  • Lebak - Bupati Lebak Iti Octavia mewajibkan tanam cabai lima batang per PNS.
  • Kedelai - Harga kedelai di Pekalongan naik jadi Rp7.500/kilogram.
  • Kopi - Pemkab Seruyan kembangkan budidaya kopi jenis arabica khusus di wilayah Seruyan Hulu.
  • PLN - Pemerintah memangkas jumlah penerima subsidi listrik untuk pelanggan 900 VA, dari 23 juta menjadi hanya 4,1 juta pelanggan.
  • Kentang - Harga kentang di Pangkalpinang berangsur turun.
  • Freeport - Pemkab Mimika prediksi jumlah karyawan Freeport yang di-PHK akan terus bertambah.

Community Marketing & Pertamina Biking Community #Pertabike

Foto Berita Community Marketing & Pertamina Biking Community #Pertabike
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Karena sepeda sedang dalam masalah, maka saya terpaksa hanya datang ke acara Community Marketing & Pertamina Biking Community #Pertabike sebagai tukang foto. Anyway, saya tidak mungkin ikutan naik sepeda sambil memfoto, pastinya riskan.

Sebanyak 400 bikers dari dalam dan luar Pertamina ikut memeriahkan fun riding yang berlangsung di Hutan Universitas Indonesia tanggal 20 Agustus 2016. Pesan khusus dari teman saya VP Pertamina ISC Hasto Wibowo untuk mengabadikan beliau seganteng mungkin di posisi finish. So here it is. Juga hadir Presiden Direktur Pertamina Dwi Soetjipto yang tampak segar sumingrah.

Adapun, Pertabike terbuka untuk masyarakat luas dan menjadi salah satu komunitas bersepeda perusahaan terbesar di Indonesia. Untuk menjadi sebuah grup yang berhasil, dibutuhkan berbagai aktivitas yang sesuai dengan teori community marketing, yakni

1. Get (New Member Acquisition)

Dibutuhkan recruiter dan greeter, yaitu orang yang mempromosikan, mengajak, dan menyambut anggota baru. Ingat bahwa sebuah komunitas memiliki member turnover juga dan anggota baru harus disambut dengan baik agar merasa welcomed by the existing members.

2. Keep (Member Retention)

Membership database dan regular event dibutuhkan agar dapat selalu keep in touch dengan semua orang. Aktivitas berkala dan pertukaran informasi pun sangat penting agar member merasa mendapatkan value dari komunitas tersebut.

3. Grow (Member Development)

Setiap orang pasti ingin berkembang di dalam komunitas. Apakah berkembang dengan cara memilki peran yang semakin besar di dalam organisasi atau mendapatkan peningkatan skill & knowledge. Saya tergabung dalam komunitas Sony, Fuji, & Olympus karena merasa mendapatkan ilmu-ilmu baru. Pertabike, contohnya, selalu memberikan tips bersepeda dan perkembangan informasi-informasi terkini.

Saya menyarankan brand activation di berbagai perusahaan untuk dapat ditransformasikan ke dalam bentuk community marketing karena manfaat loyalty dan attachment-nya lebih kuat. Ingat, satu customer yang setia jauh lebih berharga dari empat customer yang mendua hati.

Penulis: Alex Mulya, CEO Axia World Indonesia, Marketing Research & Consultancy

Tag: Alex Mulya

Penulis: http://wartaekonomi.co.id/penulis.html,

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Alex Mulya

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 3,514.87 3,478.27
British Pound GBP 17,169.60 16,991.11
China Yuan CNY 1,989.13 1,969.21
Dolar Amerika Serikat USD 13,179.00 13,047.00
Dolar Australia AUD 10,171.55 10,063.15
Dolar Hong Kong HKD 1,699.24 1,682.01
Dolar Singapura SGD 9,827.01 9,722.78
EURO Spot Rate EUR 14,736.76 14,583.94
Ringgit Malaysia MYR 3,292.28 3,255.24
Yen Jepang JPY 13,026.59 12,889.75

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5385.906 13.158 539
2 Agriculture 1841.223 10.982 21
3 Mining 1419.623 -11.021 43
4 Basic Industry and Chemicals 565.553 5.187 66
5 Miscellanous Industry 1365.621 14.073 42
6 Consumer Goods 2374.993 14.543 39
7 Cons., Property & Real Estate 517.048 -2.460 61
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1062.681 -2.767 56
9 Finance 829.581 -0.573 89
10 Trade & Service 871.468 6.466 122
No Code Prev Close Change %
1 VRNA 95 117 22 23.16
2 DGIK 129 153 24 18.60
3 JAWA 133 149 16 12.03
4 MGNA 102 114 12 11.76
5 IKBI 350 386 36 10.29
6 ARII 338 370 32 9.47
7 KRAH 2,680 2,900 220 8.21
8 KBLI 318 344 26 8.18
9 SRIL 280 302 22 7.86
10 ASJT 580 625 45 7.76
No Code Prev Close Change %
1 TRAM 190 125 -65 -34.21
2 ICON 494 376 -118 -23.89
3 KOIN 320 250 -70 -21.88
4 CMPP 113 100 -13 -11.50
5 BIPP 97 89 -8 -8.25
6 BUMI 360 332 -28 -7.78
7 FREN 54 50 -4 -7.41
8 MAMI 73 68 -5 -6.85
9 CTBN 5,200 4,850 -350 -6.73
10 BCIP 182 170 -12 -6.59
No Code Prev Close Change %
1 TRAM 190 125 -65 -34.21
2 BUMI 360 332 -28 -7.78
3 BABP 67 67 0 0.00
4 DGIK 129 153 24 18.60
5 ELTY 52 50 -2 -3.85
6 BRPT 2,310 2,250 -60 -2.60
7 MCOR 328 336 8 2.44
8 SRIL 280 302 22 7.86
9 SMDM 87 84 -3 -3.45
10 AGRO 975 980 5 0.51