Portal Berita Ekonomi Rabu, 18 Januari 2017

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Executive Brief
  • Nokia 6 - Preorder Nokia 6 mencapai satu juta unit dalam waktu seminggu.
  • Tata Motors - Tata Motors tertarik bergabung dengan Pemerintah Indonesia untuk merealisasikan Mobil Pedesaan
  • Madrid - Tekan polusi udara, kota Madrid larang penggunaan mobil pribadi di tahun 2019
  • REI - REI DIY targetkan pembangunan rumah 1.500 unit di tahun 2017.
  • Lampung - Neraca perdagangan luar negeri Lampung catatkan surplus US$220,32 juta.
  • Thailand - Penjualan menurun di Thailand, Toyota tidak akan menambah jatah ekspor kesana
  • BPJS - BPJS Ketenagakerjaan lampaui target dana kepersertaan pada 2016 sebesar Rp260,54 triliun.
  • Piala Afrika (18/1) - Ghana 1 - 0 Uganda
  • Piala Afrika (18/1) - Mesir 0 - 0 Mali

Community Marketing & Pertamina Biking Community #Pertabike

Foto Berita Community Marketing & Pertamina Biking Community #Pertabike
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Karena sepeda sedang dalam masalah, maka saya terpaksa hanya datang ke acara Community Marketing & Pertamina Biking Community #Pertabike sebagai tukang foto. Anyway, saya tidak mungkin ikutan naik sepeda sambil memfoto, pastinya riskan.

Sebanyak 400 bikers dari dalam dan luar Pertamina ikut memeriahkan fun riding yang berlangsung di Hutan Universitas Indonesia tanggal 20 Agustus 2016. Pesan khusus dari teman saya VP Pertamina ISC Hasto Wibowo untuk mengabadikan beliau seganteng mungkin di posisi finish. So here it is. Juga hadir Presiden Direktur Pertamina Dwi Soetjipto yang tampak segar sumingrah.

Adapun, Pertabike terbuka untuk masyarakat luas dan menjadi salah satu komunitas bersepeda perusahaan terbesar di Indonesia. Untuk menjadi sebuah grup yang berhasil, dibutuhkan berbagai aktivitas yang sesuai dengan teori community marketing, yakni

1. Get (New Member Acquisition)

Dibutuhkan recruiter dan greeter, yaitu orang yang mempromosikan, mengajak, dan menyambut anggota baru. Ingat bahwa sebuah komunitas memiliki member turnover juga dan anggota baru harus disambut dengan baik agar merasa welcomed by the existing members.

2. Keep (Member Retention)

Membership database dan regular event dibutuhkan agar dapat selalu keep in touch dengan semua orang. Aktivitas berkala dan pertukaran informasi pun sangat penting agar member merasa mendapatkan value dari komunitas tersebut.

3. Grow (Member Development)

Setiap orang pasti ingin berkembang di dalam komunitas. Apakah berkembang dengan cara memilki peran yang semakin besar di dalam organisasi atau mendapatkan peningkatan skill & knowledge. Saya tergabung dalam komunitas Sony, Fuji, & Olympus karena merasa mendapatkan ilmu-ilmu baru. Pertabike, contohnya, selalu memberikan tips bersepeda dan perkembangan informasi-informasi terkini.

Saya menyarankan brand activation di berbagai perusahaan untuk dapat ditransformasikan ke dalam bentuk community marketing karena manfaat loyalty dan attachment-nya lebih kuat. Ingat, satu customer yang setia jauh lebih berharga dari empat customer yang mendua hati.

Penulis: Alex Mulya, CEO Axia World Indonesia, Marketing Research & Consultancy

Tag: Alex Mulya

Penulis: http://wartaekonomi.co.id/penulis.html,

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Alex Mulya

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 3,514.87 3,478.27
British Pound GBP 17,169.60 16,991.11
China Yuan CNY 1,989.13 1,969.21
Dolar Amerika Serikat USD 13,179.00 13,047.00
Dolar Australia AUD 10,171.55 10,063.15
Dolar Hong Kong HKD 1,699.24 1,682.01
Dolar Singapura SGD 9,827.01 9,722.78
EURO Spot Rate EUR 14,736.76 14,583.94
Ringgit Malaysia MYR 3,292.28 3,255.24
Yen Jepang JPY 13,026.59 12,889.75

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5266.938 -3.073 541
2 Agriculture 1885.940 12.223 21
3 Mining 1396.131 1.193 43
4 Basic Industry and Chemicals 534.340 -1.838 66
5 Miscellanous Industry 1334.917 11.556 42
6 Consumer Goods 2335.552 -13.929 39
7 Cons., Property & Real Estate 518.602 0.971 63
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1053.013 5.208 56
9 Finance 801.764 0.204 89
10 Trade & Service 847.173 -4.711 122
No Code Prev Close Change %
1 BINA 338 422 84 24.85
2 OASA 292 364 72 24.66
3 HOTL 149 180 31 20.81
4 BIPI 115 137 22 19.13
5 SMDM 81 95 14 17.28
6 SSIA 525 605 80 15.24
7 IBST 1,850 2,100 250 13.51
8 BOLT 855 970 115 13.45
9 MYTX 62 70 8 12.90
10 NRCA 386 434 48 12.44
No Code Prev Close Change %
1 PLAS 320 248 -72 -22.50
2 TALF 420 360 -60 -14.29
3 CENT 161 142 -19 -11.80
4 BNLI 745 670 -75 -10.07
5 JAWA 173 157 -16 -9.25
6 MCOR 212 193 -19 -8.96
7 AMRT 615 560 -55 -8.94
8 LMPI 162 148 -14 -8.64
9 INAF 4,100 3,750 -350 -8.54
10 SMBR 2,180 1,995 -185 -8.49
No Code Prev Close Change %
1 BIPI 115 137 22 19.13
2 BUMI 410 420 10 2.44
3 DSFI 164 175 11 6.71
4 MCOR 212 193 -19 -8.96
5 WSBP 585 590 5 0.85
6 LEAD 128 133 5 3.91
7 INCO 2,510 2,490 -20 -0.80
8 BRMS 77 80 3 3.90
9 SSIA 525 605 80 15.24
10 AGII 910 915 5 0.55