Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dompet Dhuafa Semarakkan IPFest 2016

Oleh: ,

Dompet Dhuafa Semarakkan IPFest 2016 Kredit Foto: Dompet Dhuafa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa turut serta dalam kegiatan Indonesia Philanthropy Festival (IPFest) 2016 pada Kamis hingga Minggu (6-9/10/2016) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Dalam festival yang digelar Filantropi Indonesia ini Dompet Dhuafa memamerkan berbagai produk pemberdayaan ekonomi.

"Keikutsertaan pada pameran ini kami menghadirkan berbagai produk pemberdayaan ekonomi seperti kopi, beras, gula, dan hasil pertanian lainnya. Festival ini selain sebagai menginformasikan kinerja pemberdayaan Dompet Dhuafa, kami manfaatkan untuk ajang promosi produk pemberdayaan," kata General Manager Corporate Secretary Dompet Dhuafa Sabeth Abilawa di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Sabeth menjelaskan kesulitan para pelaku usaha kecil atau petani binaan Dompet Dhuafa selama ini memang di ranah marketing atau pemasaran. Ajang semacam IPFest2016, imbuhnya, menjadi kesempatan berharga untuk promosi.

Konsep stan yang diangkat Dompet Dhuafa dalam IPFest 2016 berbentuk caffee shop sederhana yang akan menampilkan barista. Di stan tersebut akan ditampilkan beberapa kopi, termasuk kopi premium, hasil binaan Dompet Dhuafa.

"Para pengunjung stan Dompet Dhuafa juga bisa melakukan transaksi, minum kopi, ataupun membeli kopinya dalam bentuk sachet," imbuh Sabeth.

Terkait produk kopi, Dompet Dhuafa memiliki program pemberdayaan petani kopi di berbagai wilayah seperti Aceh Tengah, Temanggung, hingga Bulukumba. Selain pemberian modal kepada para kelompok petani, Dompet Dhuafa juga memberikan pendampingan guna meningkatkan kemampuan mereka seperti pemasaran dan kemasan produk.

Partisipasi Dompet Dhuafa dalam IPFest2016 tidak hanya membuka stan. Dompet Dhuafa juga menghadirkan narasumber Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa Filantropi Bambang Suherman dalam diskusi panel dengan tema Mendayagunakan Filantropi Diaspora yang Efektif untuk Mendukung SDGs pada Sabtu (8/10/2016) dan seminar peluncuran program Daya Mart, sebuah mini market pemberdayaan yang diinisiasi Dompet Dhuafa pada Ahad (9/10/2016).

IPFest 2016 digelar Filantropi Indonesia dalam rangka mengenalkan keragaman lembaga filantropi di Indonesia, termasuk program-programnya kepada masyarakat luas, serta mendorong peran dan kontribusi lembaga filantropi dalam pencapaian 17 tujuan sustainable development goals (SDGs) di Indonesia. Konferensi dan pameran berskala internasional ini mengangkat tema Fostering Partnership for SDGs.

Selain Dompet Dhuafa, IPFest 2016 diikuti lembaga filantropi nasional dan global serta delegasi filantropi dari Cina, Kolombia, Amerika Serikat, Filipina, dan Singapura. IPFest 2016 diharapkan menjadi forum strategis bagi lembaga filantropi dan organisasi nirlaba Indonesia untuk berbagi pengalaman, meningkatkan kapasitas, memperluas jejaring, dan mengembangkan kemitraan dengan lembaga-lembaga filantropi nasional dan global.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: