Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

IPO, Snapchat Akan Naikkan Valuasi hingga US$4 Miliar

Oleh: ,

IPO, Snapchat Akan Naikkan Valuasi hingga US$4 Miliar Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Snapchat berusaha meningkatkan nilai penawaran umum perdana sebanyak US$4 miliar dalam rencana initial public offering (IPO) yang akan dilakukan perusahaan, demikian menurut sumber yang mengetahui detail rencana tersebut.

Mengutip Bloomberg di Jakarta, Senin (31/10/2016), langkah tersebut diperkirakan dapat menaikkan nilai valuasi IPO Snapchat mencapai US$25 miliar hingga US$35 miliar. Hingga kini belum ada keputusan akhir dari Snapchat terkait nilai IPO mereka, sehingga besaran IPO masih dapat berubah, valuasi saham bisa saja mencapai US$ 40 miliar.

Snapchat yang baru saja mengubah nama perusahaan menjadi Snap Inc, sedang mempersiapkan pengajuan untuk daftar IPO yang rencananya akan dilakukan pada kuartal pertama tahun depan. Karena pendapatan perusahaan kurang dari US$1 miliar, perusahaan berencana untuk mengajukan dokumen IPO rahasia ke Securities and Exchange Commission (SEC) AS.

IPO Snapchat pada awal tahun diharapkan dapat membangkitkan sektor perusahaan teknologi yang melambat pada tahun 2016.

Berdasarkan data Bloomberg, hanya ada sembilan perusahaan teknologi yang melakukan IPO tahun ini, mencerimkan jumlah paling rendah selama tujuh tahun. Salah satu valuasi IPO terbesar yakni Twilio Inc yang berhasil mengumpulkan US$ 172,5 juta pada bulan Juni dan telah naik lebih dari dua kali lipat sejak debut perdagangannya. Selain itu, Match Group Inc yang memiliki Match.com, OkCupid dan Tinder juga memiliki valuasi IPO senilai US$ 2,9 miliar.

Snapchat memilih Morgan Stanley dan Goldman Sachs Group Inc sebagai penjamin emisi. Kedua perusahaan tersebut juga yang didaulat untuk menjadi mantan wali amanat IPO Facebook Inc lebih dari empat tahun yang lalu.

Perusahaan berbasis di Los Angeles tersebut membuat aplikasi untuk berbagi foto dan video, menonton video berita serta mengobrol dengan teman-teman. Valuasi Snapchat dikabarkan menjadi nilai IPO terbesar untuk perusahaan media sosial sejak Twitter Inc pada tahun 2013 yang ?mencapai US$ 18 miliar.

Tahun ini Snapchat menargetkan pendapatan lebih dari US$ 350 juta dari iklan, naik dari US$ 59 juta pada tahun 2015. Sementara itu, Twitter, yang memiliki lebih sedikit pengguna aktif harian dan valuasi yang lebih rendah, diharapkan untuk menghasilkan lebih dari US$ 2 miliar pada tahun ini.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: