Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2017, Pabrik Semen Baturaja II Berkapasitas 1,85 Juta Ton Siap Beroperasi

2017, Pabrik Semen Baturaja II Berkapasitas 1,85 Juta Ton Siap Beroperasi Kredit Foto: Annisa Nurfitriyani
Warta Ekonomi, Baturaja -

Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero), Pamudji Rahardjo menyatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pembangunan pabrik Semen Baturaja II dengan kapasitas 1,85 juta ton semen per tahun di Baturaja yang dijadwalkan beroperasi pada tahun 2017.

"Pembangunan pabrik Semen Baturaja II itu akan diselesaikan pada akhir semester 1 tahun 2017," kata Pamudji Rahardjo di Baturaja, Minggu (13/11/2016).

Dia menyebutkan, proyek pembangunan pabrik Baturaja II ini memerlukan dana sekitar Rp3,4 triliun dan pendanaannya berasal dari dana IPO (Initial Public Offering) sebesar Rp1,27 triliun, pinjaman perbankan sebesar Rp1,3 triliun dan sisanya menggunakan dana sendiri.

"Sekarang ini kita dihadapkan kondisi industri semen nasional masih belum menunjukkan kenaikan yang signifikan. Akhir kuartal III hanya mencatatkan pertumbuhan penjualan 3,8 persen. Data dari Asosiasi Semen Indonesia menunjukkan bahwa total pemasokan semen nasional kuartal III 2016 mencapai 43,1 juta ton. Sementara total konsumsi semen nasional diperkirakan mencapai 45,9 juta ton," ungkapnya.

Menurut dia, kondisi ini memberikan tekanan kepada seluruh produsen semen di Indonesia untuk berusaha memperluas pangsa pasar dengan berbagai cara. Belum lagi diproyeksikan dengan mulai beroperasinya pabrik-pabrik baru dan masuknya produsen semen asing hingga akhir 2016.

Sehingga, kapasitas produksi/pasokan semen nasional diperkirakan akan meningkat menjadi 77,62 juta ton per tahun, bahkan tahun 2017 diperkirakan akan meningkat menjadi 96,23 juta ton semen per tahun.

"Tidak terkecuali PT Semen Baturaja (PTSB) yang ikut merasakan dampak dari lesunya industri semen nasional. Tekanan ini tidak berhenti hanya di situ saja, dimana 2017 ketika pabrik Baturaja II selesai dibangun dan siap beroperasi secara komersil, maka tanggung jawab diemban akan semakin berat," katanya.

Namun, manajemen berkeyakinan dengan kerja sama yang solid, kinerja perusahaan akan dapat didongkrak dan dapat melalui setiap tantangan secara bersama-sama, ujar Pamudji.

Walaupun demikian, kata Pamudji, keluarga besar PTSB patut bersyukur karena pencapaian kinerja perusahaan milik negara ini tetap mencapat banyak apresiasi baik dari pemerintah, publik maupun dari berbagai pihak antara lain perusahaan dengan predikat "sangat bagus" dalam kategori BUMN industri non keuangan dari majalah Infobank.

Selanjutnya, perusahaan peringkat ke-2 usaha semen sektor industri dasar dan kimia pada Anugerah perusahaan terbuka (tbk) ke-III oleh majalah Ekonomic Review dan IPMI, serta penghargaan the fastest asset growth company in cement industry kategori silver pada Indonesia Living Legend Companies Award dari Majalah?Warta Ekonomi.

PT SB juga meraih peringkat I BUMN terbaik bidang non keuangan sektor industri semen dari majalah Investor, penghargaan sebagai BUMN paling tertib membayar iuran, kepesertaan dan iuran terbanyak dari BPJS Kesehatan.

Sementara Humas PT SB Baturaja, Gili Aprial Braja menyampaikan, perayaan HUT ke-42 dilaksanakan di tiga wilayah pabrik yaitu Palembang, Baturaja dan Lampung.

Acara ramah tamah di site Lampung dilaksanakan pada 7 November, Palembang 9 November dan acara puncak digelar di Islamic Center Baturaja, Minggu (13/11) malam. Acara akan dihadiri jajaran Dewan Komisaris, Direksi, Karyawan dan Purnabhakti PT SB bersama seluruh unsur muspida dan mitra kerja.

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan berupa olahraga pertandingan tenis lapangan, bulutangkis, futsall, bola voli, gaple, tenis meja, kemudian kegiatan kesenian seperti festival rebana dan perlombaan karaoke, kegiatan kerohanian seperti festival anak soleh dan kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan di antaranya pemberian santunan pendidikan dan donor darah.

"Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi di antara keluarga besar PT SB dengan masyarakat dan mitra," paparnya.

Menurut dia, pada Senin (14/11) PTSB akan pemberian tanda jasa dan setya karya kepada karyawan PTSB yang mempunyai masa bakti kerja 10 hingga 35 tahun dipusatkan di Baturaja, sebagai penutup rangkaian acara.

Ia menambahkan, seiring dengan peningkatan kinerja perusahaan, maka kontribusi PTSB untuk mitra kerja akan meningkat, salah satunya yakni program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kepada masyarakat seperti sebagai sponsor gerakan bank sampah Baturaja, pemberian sembako gratis dan pasar sembako murah, bantuan beasiswa dan fasilitas bagi sekolah, serta perguruan tinggi.

Kemudian bantuan pembangunan dan renovasi rumah ibadah, bantuan hewan kurban, bantuan pelatihan keterampilan, penanaman dan pemberian bibit pohon, bantuan bencana alam, bantuan pembangunan perbaikan penambahan sarana dan prasarana umum, bantuan peningkatan kesehatan, serta pembinaan usaha kecil, menengah dan koperasi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: