Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BRG Bareng 11 Universitas Siapkan 1.000 Mahasiswa dan Relawan Gambut 2017

BRG Bareng 11 Universitas Siapkan 1.000 Mahasiswa dan Relawan Gambut 2017 Kredit Foto: Muhamad Ihsan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Restorasi Gambut (BRG) bersama 11 universitas menyiapkan 1.000 mahasiswa dan relawan gambut tahun 2017 untuk pelaksanaan restorasi gambut di tujuh provinsi di Indonesia.

"Kita menargetkan ada 1.000 mahasiswa dan relawan yang akan melaksanakan kegiatan di desa-desa gambut. Kita siapkan program Generasi Muda Peduli Desa Gambut Sejahtera mereka diharapkan dapat bekerja di 500 hingga 700 desa," kata Deputi Penelitian dan Pengembangan BRG Haris Gunawan di Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Kerja sama yang dilakukan dengan Universitas Sriwijaya, Universitas Jambi, Universitas Riau, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Mulawarman, Universitas Palangka Raya, Uniersitas Tanjungpura, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Universitas Cenderawasih, dan Institut Pertanian Bogor, menurut dia, berupa riset dan kegiatan kemahasiswaan.

Haris mengatakan hal yang ingin dirubah adalah cara berpikir masyarakat terkait lahan gambut, dan hal tersebut tidak mudah karena harus merubah peradaban. Pelibatan masyarakat dalam pelaksanaan restorasi gambut menjadi sangat penting, karena jika tidak maka hal teknis yang diandalkan hanya akan menjadi "museum" saja.

Maka kegiatan yang benar-benar melibatkan mahasiswa untuk menjalankan restorasi gambut harus disiapkan. Selain itu, ia mengatakan untuk pelaksanaan program Generasi Muda Peduli Desa Gambut Sejahtera tersebut, perlu juga dilakukan pemilihan dosen untuk menjadi "trainer".

Tidak hanya itu, menurut Haris, perlu juga disiapkan pembekalan yang benar untuk mahasiswa, selain juga memikirkan "reward" SKS. "Evaluasi dilakukan dari hasil mengirimkan 47 mahasiswa untuk Kuliah Kerja Nyata ke desa gambut di Meranti. Karena ternyata hanya 4 atau 5 saja diantara mereka yang tahu apa itu gambut, meski mereka sudah dapat pembekalan sebelumnya".

Ahli program BRG Eli Nur Nirmala Sari mengatakan masing-masing perguruan tinggi bisa memiliki kegiatan berbeda-beda dengan BRG, namun untuk program Generasi Muda Peduli Desa Gambut Sejahtera.

"Tiap perguruan tinggi bisa beda-beda, sangat tematik, ada juga yang memasukkannya dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata silahkan saja," ujar dia.

Saat kerja sama berjalan, ia mengatakan kedua pihak harus mendapat manfaat. Mahasiswa akan mendapat bimbingan yang nantinya bisa mengajak masyarakat ikut melaksanakan restorasi gambut.

Rencananya 1000 mahasiswa dan relawan akan berada di 500 hingga 700 desa gambut di 7 provinsi yang menjadi target utama restorasi gambut. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: