Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2017, Bangkitnya Sektor Properti Bukan Cuma Mimpi

2017, Bangkitnya Sektor Properti Bukan Cuma Mimpi Kredit Foto: Mariarina.wordpress.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Harapan kembali bergairahnya pasar properti Indonesia yang bergema di awal 2016 terkubur sudah hingga mendekati akhir tahun ini. Lantas, apakah properti Indonesia bisa kembali bersinar seperti asa yang kembali terdengar lebih nyaring jelang 2017 ini?

Country General Manager Rumah123 Ignatius Untung memprediksi rebound ini akan terwujud pada 2017. Tren positif sudah terlihat melalui Rumah123 mendekati akhir 2016 ini.

"Tercatat adanya growth yang sangat baik dari sisi penjualan properti sesuai data kami. Total pertumbuhan penjualan pada 2016 naik mencapai 180 persen dibanding 2015," ujar Untung di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Dalam data yang diolah Business Intelligence Rumah123 terlihat kenaikan nilai penjualan yang mencengangkan terjadi pada unit landed house. Kenaikannya nyaris menyentuh 200 persen, tepatnya 192 persen.

Pertumbuhan minat konsumen terhadap rumah jangkung atau apartemen juga tak kalah pesat. Penjualan apartemen tumbuh mencapai 178 persen. Tren peningkatan penjualan, lanjut Untung, terjadi mulai pada semester II-2016.

"Dan itu terus meningkat pada bulan-bulan akhir 2017, sekitar jelang akhir tahun, di mana tertinggi terjadi pada Oktober 2016," katanya menambahkan.

Tak hanya penjualan, Rumah123 juga mencatatkan pertumbuhan proyek. Banyak developer besar melanjutkan yang sempat tertunda, atau bahkan membangun proyek-proyek baru. Tak sedikit dari developer-developer tersebut juga kembali menggiatkan iklannya di situs no.1 di Indonesia ini.

Untung juga menyoroti support pemerintah lewat ragam kebijakannya seperti Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), KPR Mikro, dan lainnya. Pun dengan skema kredit dari perbankan yang makin memudahkan masyarakat membeli huniannya sendiri.

Salah satunya adalah bunga kredit rendah di beberapa tahun awal KPR. Hal ini menjadi stimulan yang sangat positif bagi sektor properti.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: