Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenpan-RB Akan Gelar Pameran Inovasi Birokrasi di HPN 2017

Kemenpan-RB Akan Gelar Pameran Inovasi Birokrasi di HPN 2017 Kredit Foto: Panpel HPN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan menggelar pameran Inovasi Birokrasi pada ajang Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2017 mendatang di Ambon, Maluku. Kemenpar-RB bakal mengirim langsung para pejabat kementerian untuk memberikan pembekalan perbaikan birokrasi kepada aparatur sipil negara (ASN) se-Provinsi Maluku.

Menpan-RB Asman Abnur mengatakan pihaknya juga akan menggelar sosialisasi tentang pelayanan publik dan e-goverment di Maluku. Kegiatan tersebut nantinya akan menjadi salah satu rangkaian kegiatan HPN 2017 sebelum acara puncak yang akan dihadiri Presiden Jokowi di tanggal 9 Februari 2017.

"Kita desain nanti, gerakan Kemenpan/RB dan wartawan untuk memajukan birokrasi di sana. Kita ajari jangan pola lama lagi. Pakai pola baru, yakni harus hospitality mulai sekarang. Jadi pelayan masyarakat, bukan masyarakat yang melayani birokrasi," kata Asman di Jakarta, Jumat (23/12/2016).

Apalagi, lanjut Asman, Maluku telah dicanangkan olehnya sebagai provinsi tuan rumah untuk pelatihan birokrasi yang inovatif untuk wilayah Indonesia bagian timur. Ia telah menggandeng Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk menyukseskan program tersebut.

Ada dua hal, menurut Asman, yang menjadi pendongkrak majunya birokrasi suatu wilayah, yakni birokrat harus memiliki jiwa hospitality dan entreprenuership. Jika dua hal ini sudah diterapkan dengan baik oleh birokrasi maka tinggal didukung sistem yang baik lewat e-goverment.

"Majunya daerah itu tergantung birokrasinya dan juga pengusahanya nyambung. Kita back up dengan sistem, pakai e-goverment. Banyak daerah menghemat anggaran sampai Rp1 triliun lewat e-goverment," demikian Asman.

Adapun, pada hari ini Panitia HPN 2017 berkunjung ke Kantor Kemenpan-RB di Jakarta. Kedatangan panitia HPN 2017 ini sekaligus mengajak Kemenpan/RB untuk membantu memberikan pembekalan bagi ASN di Provinsi Maluku.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: