Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dorong Efisiensi, Pelindo III Luncurkan Empat Aplikasi

Dorong Efisiensi, Pelindo III Luncurkan Empat Aplikasi Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam rangka meningkatkan pelayananan kepada pengguna jasa kepelabuhanan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III meluncurkan empat aplikasi terbaru di 2017. Keempat aplikasi tersebut yakni SAP S/4 Hana, Real Estate Management and Others Services (REMOTE), Anjungan, dan eDoc.

Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak mengungkapkan empat aplikasi yang diluncurkan diharapkan dapat menambah manfaat serta mempermudah pelanggan dalam memperoleh pelayanan serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja di dalam perseroan.

"Tahun 2017 merupakan saat yang tepat bagi Pelindo III untuk membangun semangat baru dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa kepelabuhanan," kata Orias.

Dilanjutkannya, aplikasi tersebut telah dipersiapkan sepanjang 2016. Ia mengatakan aplikasi anjungan dan REMOTE yang diluncurkan merupakan aplikasi front office, yakni aplikasi yang langsung terkoneksi dan digunakan oleh pelanggan. Sementara untuk aplikasi SAP S/4 Hana dan eDoc merupakan aplikasi back office yang menjadi pendukung kerja perusahaan.

Orias menjelaskan aplikasi anjungan digunakan sebagai pintu gerbang bagi pelanggan untuk memperoleh pelayanan jasa kepelabuhanan. Pelanggan dapat mengajukan layanan jasa kapal maupun barang melalui aplikasi ini sehingga pelanggan tidak harus datang ke loket untuk melakukan transaksi karena aplikasi tersebut dapat diakses kapan saja, di mana saja, dan melalui perangkat komunikasi apa saja yang terhubung dengan jaringan internet.

Kegiatan transaksi perbankan pun juga dilakukan secara host to host dan cash management system (CMS), yaitu sistem kerja sama antara Pelindo III dan pihak perbankan sehingga transaksi perbankan dapat dilakukan langsung oleh Pelindo III.

Sedangkan aplikasi REMOTE dirancang untuk kebutuhan pengelolaan lahan di area pelabuhan. Kemudahan pelayanan melalui anjungan dan REMOTE juga didukung dengan peningkatan kecepatan di sisi back office melalui SAP S/4 Hana dan eDoc.

SAP S/4 Hana merupakan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) yang juga telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia internasional. Aplikasi ini mengintegrasikan fungsi di bidang keuangan, SDM, teknik, dan pengadaan barang dan jasa di Pelindo III. SAP S/4 Hana menggantikan aplikasi sebelumnya yaitu Sistem Informasi Usaha dan Keuangan (SIUK).

Percepatan juga dilakukan dalam hal koordinasi di internal Pelindo III dengan menggunakan aplikasi eDoc. eDoc akan menggantikan komunikasi lintas direktorat di Pelindo III yang sebelumnya masih menggunakan kertas beralih ke elektronik. Percepatan di sisi back office akan semakin mempercepat kinerja perusahaan karena kebijakan perusahaan dapat diputuskan dengan cepat berdasarkan data yang akurat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: