Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Meski Tengah Turun, Industri Minyak dan Gas Paling Memuaskan Karyawan pada 2016

Meski Tengah Turun, Industri Minyak dan Gas Paling Memuaskan Karyawan pada 2016 Kredit Foto: Antara/M Agung Rajasa
Warta Ekonomi, Jakarta -
Meski industri minyak dan gas tengah mengalami tren penurununan, ternyata perusahaan di industri tersebut tetap bisa memuaskan karyawannya sepanjang 2016. Jobplanet merilis lima besar perusahaan terbaik yang mampu memuaskan karwayannya adalah industri minyak dan gas.?
PR Manager Jobplanet di Indonesia, Restituta Ajeng Arjanti mengatakan tingkat kepuasan karyawan secara keseluruhan terhadap perusahaan dipengaruhi oleh berbagai faktor internal di perusahaan. Misalnya, jenjang karier, budaya perusahaan, manajemen, work-life balance, serta gaji dan tunjangan.
Perusahaan-perusahaan minyak dan gas yang masuk dalam Daftar Perusahaan Terbaik 2016 mendapatkan penilaian sangat baik dari para karyawan, di atas nilai puas. PT Chevron Pacific Indonesia mendapatkan rating 4,32 dan menempati posisi teratas dari kepuasan karyawannya. PT Pertamina mendapatkan nilai 4,26, dan PT Freeport Indonesia sebesar 4,23. "Nilai di atas 4 itu bisa dikatakan luar biasa," kata Restituta.?
Perusahaan terbaik yang terpilih melalui riset Jobplanet adalah perusahaan yang mendapatkan penilaian tertinggi dari para karyawannya, yakni perusahaan dengan tingkat kepuasan karyawan di atas 3,50. Tingkat kepuasan karyawan di Jobplanet diukur dari skala 1,0 hingga 5,0, nilai 1,0 mewakili penilaian sangat tidak puas, 2,0 mewakili penilaian tidak puas, 3,0 mewakili penilaian cukup puas, 4,0 mewakili penilaian puas, dan 5,0 mewakili penilaian sangat puas.
Jika ditilik lebih dalam pada data yang terkumpul melalui Jobplanet.com, tingkat kepuasan karyawan di tiga perusahaan tersebut teratas, terhadap masing-masing faktor, juga terbilang tinggi, yakni di atas 3,5. Dengan begitu, para karyawan mengakui bahwa meskipun industri minyak dan gas sedang menunjukkan tren menurun, namun perusahaan-perusahaan tersebut mampu memuaskan karyawannya.?
"Jadi, bukan hal yang mengherankan pula jika beberapa perusahaan minyak dan tambang yang ada dalam Daftar Perusahaan Terbaik di Indonesia Tahun 2016 juga masuk dalam Daftar Perusahaan yang Paling Diminati oleh Pencari Kerja Tahun 2016, meskipun pertumbuhan industrinya menunjukkan tren menurun," jelas Restituta.
Selain perusahaan minyak dan tambang dikenal unggul dalam aspek gaji dan tunjangan, serta berbagai aspek lainnya, masih ada alasan lain yang membuat pencari kerja tertarik dengan mereka.?
Seperti kita ketahui, telah terjadi banyak lay-off di berbagai perusahaan migas dan tambang. Kebanyakan karyawan yang terkena PHK adalah karyawan dengan skill khusus, di bidang engineering misalnya, yang mungkin hanya bisa diterapkan di industri tertentu. Mereka tentunya ingin mendapatkan informasi terbaru tentang perusahaan-perusahaan minyak dan tambang yang mereka minati. Itulah yang membuat beberapa perusahaan minyak dan gas menempati daftar perusahaan yang menarik perhatian pencari kerja.
Jobplanet melakukan riset sejak November 2015 hingga Oktober 2016 dengan 43.200 perusahaan sebagai sampelnya. Jobplanet juga mengelompokan perusahaan tersebut berdasarkan korporasi dan start-up.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: