Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PBB: Perundingan Rusia-Turki Berlansung 23 Januari 2017

PBB: Perundingan Rusia-Turki Berlansung 23 Januari 2017 Kredit Foto: En.wikipedia.org
Warta Ekonomi, Geneva -

Perundingan yang akan diperantarai Rusia dan Turki di ibu kota negara Kazakhstan, Astana, dijadwalkan berlangsung pada 23 Januari, ungkap Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Suriah Staffan de Mistura, kepada Xinhua pada Jumat (6/1/2017).

(Pertemuan) Astana merupakan kesempatan penting dan karena itu baik China maupun PBB mendukung prakarsa ini. Kami berharap pembicaraan di Astana akan memperteguh penghentian permusuhan," kata dew Mistura.

"Apa yang diminta rakyat Suriah saat ini adalah penghentian pertempuran. Jadi jika pembicaraan tentang ini dilangsungkan pada 23 Januari di Astana serta gencatan senjata diperteguh, tidak buyar seperti yang terjadi beberapa kali, (pertemuan) itu merupakan momen penting," tambahnya.

De Mistura juga mengatakan ia berharap perundingan Astana akan membuka jalan menuju pembahasan politik, yang diperantarai PBB pada 8 Februari di Jenewa berdasarkan resolusi 2254 Dewan Keamanan PBB.

"(Pertemuan) Astana penting untuk mempersiapkan dukungan dan membantu pembicaraan yang akan kami gelar di Jenewa," ujarnya.

Perundingan perdamaian yang melibatkan delegasi pemerintah dan pasukan keamanan Suriah, yang ingin menggulingkan Presiden Bashar al-Assad, telah digulirkan sejak April tahun lalu di tengah kekerasan berlarut-larut serta krisis kemanusiaan yang meluas.

Kesepakatan gencatan senjata yang diterapkan mulai 30 Desember 2016 serta rencana penyelenggaran perundingan perdamaian, mendapat dukungan penuh dari Dewan Keamanan PBB pada 31 Desember. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: